Penerapan Media Pembelajaran Software PSIM Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika

hari anna lastya

Abstract


Pendidikan pada era globalisasi saat ini semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman, sehingga penerapan software dalam kegiatan pembelajaran akan membuat sistem pembelajaran menjadi lebih canggih. Hasil dari observasi pada peserta didik kelas XI SMK N 2 Banda Aceh dalam kegiatan pembelajaran belum sering menggunakan software sebagai penunjang pembelajaran, sehingga peserta didik tidak memiliki kemampuan dalam melakukan simulasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat tingkat keberhasilan hasil belajar peserta didik dengan diterapkan pembelajaran menggunakan media software PSIM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan dengan pre-test dan post-test desain. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen lembar pre-test, lembar post-test dan lembar kuesioner. Hasil dari data pada instrumen tersebut dianalisis menggunakan uji t-test untuk melihat tingkat keberhasilan kemampuan peserta didik. Hasil analisis membuktikan bahwa terdapat perubahan hasil belajar yang signifikan yang dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test peserta didik yaitu (38.3 < 83.9), dan nilai pengaruh dari pembelajaran dengan presentase sebesar 33.4%. Sehingga dari hasil tersebut yang bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran menggunakan software PSIM ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI TITL di SMK N 2 Banda Aceh.

Keywords


Software, PSIM, Listrik, Elektronika

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2011. Modul Suplemen Kuliah Elektronika Daya Simulasi Rangkaian Elektronika Daya Dengan PSIM. Universitas Negeri Yogyakarta:Jurusan Pendidikan Teknik Elektro fakultas Teknik.

Firdaus, Alfian. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantukan Komputer pada Mata Pelajaran Pembangkit Tenaga Listrik untuk Siswa Kelas X SMK Semester Ganjil. Universitas Negeri Malang Jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Elektro.

Kurniawan, Albert. 2009. Belajar Mudah SPSS untuk Pemula. Yogyakarta: MediaKom.

Payadnya, I Putu Ade Andre & I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistika dengan SPSS. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Putra, Dendy Dewa. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran BerbantukanKomputer untuk Siswa Kelas X SMK Semester Ganjil pada Mata Pelajaran Instalasi Listrik Dasar. Universitas Negeri Malang Jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Elektro.

S, Rudi, dan Cepi, R. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.

Sadiman, Arif S, dkk. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Safiatuddin, Sri. 2019. Penerapan Metode Demonstrasi Berbantukan Software PSIM pada Mata Pelajaran Dasar Pengukuran Listrik Kelas X TITL di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Universitas Islam Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Santoso, Singgih. 2010. Statistik Nonparametik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Siti Nurhayati S.Pd. 2014. Buku Cerdas Fisika. Jakarta: Kunci Aksara.

Siti Nurhayati S.Pd. 2015. Buku Cerdas Biologi, Fisika, Kimia. Jakarta: Kunci Aksara.

Umam, Khairul, dkk. 2017. Karakteristik Media Pembelajaran. Diakses pada Tanggal 6 September 2019 dari situs web berikut: http://www.informatika.unsyiah.ac.id/umam/karakteristikmedia.pdf.

Wibawa, Basuki dan Farida Mukti. 2001. Media Pengajaran. Bandung: CV Maulana.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/crc.v4i1.6285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.