Penerapan Media Pembelajaran Software PSIM Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika
DOI:
https://doi.org/10.22373/crc.v4i1.6285Keywords:
Software, PSIM, Listrik, ElektronikaAbstract
Pendidikan pada era globalisasi saat ini semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman, sehingga penerapan software dalam kegiatan pembelajaran akan membuat sistem pembelajaran menjadi lebih canggih. Hasil dari observasi pada peserta didik kelas XI SMK N 2 Banda Aceh dalam kegiatan pembelajaran belum sering menggunakan software sebagai penunjang pembelajaran, sehingga peserta didik tidak memiliki kemampuan dalam melakukan simulasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat tingkat keberhasilan hasil belajar peserta didik dengan diterapkan pembelajaran menggunakan media software PSIM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan dengan pre-test dan post-test desain. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen lembar pre-test, lembar post-test dan lembar kuesioner. Hasil dari data pada instrumen tersebut dianalisis menggunakan uji t-test untuk melihat tingkat keberhasilan kemampuan peserta didik. Hasil analisis membuktikan bahwa terdapat perubahan hasil belajar yang signifikan yang dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test peserta didik yaitu (38.3 < 83.9), dan nilai pengaruh dari pembelajaran dengan presentase sebesar 33.4%. Sehingga dari hasil tersebut yang bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran menggunakan software PSIM ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI TITL di SMK N 2 Banda Aceh.References
Ali, Muhammad. 2011. Modul Suplemen Kuliah Elektronika Daya Simulasi Rangkaian Elektronika Daya Dengan PSIM. Universitas Negeri Yogyakarta:Jurusan Pendidikan Teknik Elektro fakultas Teknik.
Firdaus, Alfian. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantukan Komputer pada Mata Pelajaran Pembangkit Tenaga Listrik untuk Siswa Kelas X SMK Semester Ganjil. Universitas Negeri Malang Jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Elektro.
Kurniawan, Albert. 2009. Belajar Mudah SPSS untuk Pemula. Yogyakarta: MediaKom.
Payadnya, I Putu Ade Andre & I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika. 2018. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistika dengan SPSS. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Putra, Dendy Dewa. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran BerbantukanKomputer untuk Siswa Kelas X SMK Semester Ganjil pada Mata Pelajaran Instalasi Listrik Dasar. Universitas Negeri Malang Jurusan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Elektro.
S, Rudi, dan Cepi, R. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.
Sadiman, Arif S, dkk. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Safiatuddin, Sri. 2019. Penerapan Metode Demonstrasi Berbantukan Software PSIM pada Mata Pelajaran Dasar Pengukuran Listrik Kelas X TITL di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Universitas Islam Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Santoso, Singgih. 2010. Statistik Nonparametik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Siti Nurhayati S.Pd. 2014. Buku Cerdas Fisika. Jakarta: Kunci Aksara.
Siti Nurhayati S.Pd. 2015. Buku Cerdas Biologi, Fisika, Kimia. Jakarta: Kunci Aksara.
Umam, Khairul, dkk. 2017. Karakteristik Media Pembelajaran. Diakses pada Tanggal 6 September 2019 dari situs web berikut: http://www.informatika.unsyiah.ac.id/umam/karakteristikmedia.pdf.
Wibawa, Basuki dan Farida Mukti. 2001. Media Pengajaran. Bandung: CV Maulana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
The Journal uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).