RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK SD BERBASIS AUGMENTED REALITY
DOI:
https://doi.org/10.22373/crc.v4i1.6321Keywords:
media, pembelajaran, bahasa inggris, siswa SD, augmented realityAbstract
Media belajar bahasa Inggris berbasis buku teks membuat suasana pembelajaran menjadi kurang menarik bagi siswa khususnya untuk anak sekolah dasar (SD). Hal ini menyebabkan transfer pengetahuan menjadi terhambat. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang menarik diantaranya dengan menggunakan teknologi informasi. Kemajuan teknologi informasi telah merambah dunia pendidikan sehingga banyak sekolah telah menerapkan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar seperti penggunaan animasi visual yang berhubungan dengan pembelajaran diantaranya teknologi augmented reality. Aplikasi pembelajaran bahasa inggris berbasis teknologi augmented reality menjadi solusi untuk menarik minat anak SD. Aplikasi ini memiliki 2 fitur utama yaitu pembelajaran dan quiz. Pertama siswa diberikan pengenalan terkait informasi obyek-obyek di sekitar rumah dalam Bahasa inggris, selanjutnya siswa diminta untuk mengerjakan soal dalam lingkungan teknologi augmented reality. Aplikasi ini melakukan beberapa proses yang meliputi pembacaan simbol marker menggunakan kamera, kemudian melakukan tahapan pre Processing yaitu proses segmentasi untuk perbandingan simbol marker dengan simbol yang telah menjadi acuan sebelumnya. Bila simbol marker merupakan citra yang memiliki kemiripan dengan data referensi, maka hasil pengenalan citra itulah yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan objek 3 dimensi. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa fitur-fitur aplikasi ini berjalan dengan baik, serta pengguna secara umum merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini untuk belajar Bahasa inggris bagi anak SD
References
. Azuma, Ronald T. (August 1997). "A Survey of Augmented Reality". Presence: Teleoperators and Virtual Environments. 6 (4): 355–385
. Refe Jacko, Julie A. (2003). Handbook of Research on Ubiquitous Computing Technology for Real Time Enterprises. CRC Press. hlm. 459.
. Vallino, James R. (April 1998). "Interactive Augmented Reality". Rochester, New York: University of Rochester: 6–8.
. Azuma, Ronald; Baillot, Yohan; Behringer, Reinhold; Feiner, Steven; Julier, Simon; MacIntyre, Blair (2001), "Recent Advances in Augmented Reality", IEEE Computer Graphics and Applications, IEEE, hlm. 34
. Vallino, James R. (April 1998). "Interactive Augmented Reality". Rochester, New York: University of Rochester: 8–9.
. Jacko, Julie A. (2003). Handbook of Research on Ubiquitous Computing Technology for Real Time Enterprises. CRC Press. hlm. 258–259.
. https://www.researchgate.net/publication/277295097_Applications_of_Mixed_Reality/figures?lo=1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
The Journal uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).