Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Pelajaran Menggambar Teknik di SMK Negeri 4 Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.22373/crc.v4i2.7300Keywords:
Model Make a Match, Hasil BelajarAbstract
Abstrak
Berdasarkan observasi di SMK Negeri 4 Banda Aceh pada pelajaran Menggambar Teknik diperoleh sebagian besar siswa kurang memiliki semangat dan minat untuk belajar, sehingga berdampak pada nilai siswa-siswa tersebut. Hal ini terjadi salah satunya karena penggunaan metode dan model pembelajaran yang masih berorientasi pada guru (teacher centered), yaitu guru memberikan dan siswa hanya menerima yang diberikan guru yang mengakibatkan banyak siswa di kelas menjadi pasif dan lama kelamaan mereka merasa jenuh dan bosan karena kurang dilibatkan dalam proses belajar mengajar sehingga minat belajar menjadi kurang yang berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat tingkat hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan Model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran Menggambar Teknik. Penelitian ini merupakan Penelitian quasi eksperimen analisis data kuantitatif, data hasil penelitian dikumpulkan melalui lembar tes dan lembar kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain one group pretest and posttest. Hasil analisis membuktikan bahwa terdapat perubahan hasil belajar peserta didik yang dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu (31,11<68,89), Sehingga dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Menggambar Teknik di SMKN 4 Banda Aceh menggunakan model pembelajaran Make a Match dan respon peserta didik terhadap model pembelajaran Make a Match pada pelajaran Menggambar Teknik baik, hal ini dapat dibuktikan dengan melihat respon peserta didik terhadap pernyataan-peryataan positif kuesioner semuanya di atas 75%.
References
Abdul, A. W. (2007). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Arifien, K. K. (2015). Menggambar Teknik. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Bungin, B. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Chumi Zhroul F, dan Windi Nur A. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif teknik Make a Match sebagai upaya Peningkatan aktivitas dan Hasil belajar siswa kelas IV SD dalam pelajaran Pokok Pembahasan Perkembangan Teknologi Reproduksi, Komunikasi dan Transportasi. Pegadogi, 40.
E.Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hadiyanto, M. (2016). Teori dan pengembangan Iklim Kelas dan Ilklim Sekolah. Jakarta: Kencana.
Indonesia, D. P. (2013). Menggambar Teknik. unpublished.
Ismail, F. (2018). Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Kencana.
Istarani. (2012). Model Pembelajaran Inovarif. Medan: Media Persana.
Jayantika, P. A. (2018). Paduan Penelitian Eksperimen beseta Analisis statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Listiyarini, R. (2018). Dasar Listrik & Elektronika. Yogyakarta: Deepublish.
Mulyo, C. (2013). Menginterprestasikan Gambar Teknik. Pemalang: Mandiri.
Mulyono, A. (2014). Gambar Teknik I. Jakarta Timur: Yudhistira.
Noer, M. S. (2015). Pengaruh model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal INPAFI, 255.
Nur, C. Z. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match sebagai upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD dalam pelajaran Pokok Pembahasan teknologi Reproduksi, Komunikasi dan Transportasi. Jurnal Pedagogi, 40.
Pendidikan, T. P. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III Disiplin Ilmu. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
The Journal uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).