Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Pelajaran Menggambar Teknik di SMK Negeri 4 Banda Aceh
Abstract
Abstrak
Berdasarkan observasi di SMK Negeri 4 Banda Aceh pada pelajaran Menggambar Teknik diperoleh sebagian besar siswa kurang memiliki semangat dan minat untuk belajar, sehingga berdampak pada nilai siswa-siswa tersebut. Hal ini terjadi salah satunya karena penggunaan metode dan model pembelajaran yang masih berorientasi pada guru (teacher centered), yaitu guru memberikan dan siswa hanya menerima yang diberikan guru yang mengakibatkan banyak siswa di kelas menjadi pasif dan lama kelamaan mereka merasa jenuh dan bosan karena kurang dilibatkan dalam proses belajar mengajar sehingga minat belajar menjadi kurang yang berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat tingkat hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan Model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran Menggambar Teknik. Penelitian ini merupakan Penelitian quasi eksperimen analisis data kuantitatif, data hasil penelitian dikumpulkan melalui lembar tes dan lembar kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain one group pretest and posttest. Hasil analisis membuktikan bahwa terdapat perubahan hasil belajar peserta didik yang dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest yaitu (31,11<68,89), Sehingga dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada pelajaran Menggambar Teknik di SMKN 4 Banda Aceh menggunakan model pembelajaran Make a Match dan respon peserta didik terhadap model pembelajaran Make a Match pada pelajaran Menggambar Teknik baik, hal ini dapat dibuktikan dengan melihat respon peserta didik terhadap pernyataan-peryataan positif kuesioner semuanya di atas 75%.
Keywords
References
Abdul, A. W. (2007). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Arifien, K. K. (2015). Menggambar Teknik. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Bungin, B. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Chumi Zhroul F, dan Windi Nur A. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif teknik Make a Match sebagai upaya Peningkatan aktivitas dan Hasil belajar siswa kelas IV SD dalam pelajaran Pokok Pembahasan Perkembangan Teknologi Reproduksi, Komunikasi dan Transportasi. Pegadogi, 40.
E.Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hadiyanto, M. (2016). Teori dan pengembangan Iklim Kelas dan Ilklim Sekolah. Jakarta: Kencana.
Indonesia, D. P. (2013). Menggambar Teknik. unpublished.
Ismail, F. (2018). Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Kencana.
Istarani. (2012). Model Pembelajaran Inovarif. Medan: Media Persana.
Jayantika, P. A. (2018). Paduan Penelitian Eksperimen beseta Analisis statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Listiyarini, R. (2018). Dasar Listrik & Elektronika. Yogyakarta: Deepublish.
Mulyo, C. (2013). Menginterprestasikan Gambar Teknik. Pemalang: Mandiri.
Mulyono, A. (2014). Gambar Teknik I. Jakarta Timur: Yudhistira.
Noer, M. S. (2015). Pengaruh model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal INPAFI, 255.
Nur, C. Z. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match sebagai upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD dalam pelajaran Pokok Pembahasan teknologi Reproduksi, Komunikasi dan Transportasi. Jurnal Pedagogi, 40.
Pendidikan, T. P. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III Disiplin Ilmu. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/crc.v4i2.7300
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Malahayati Umar, Fathurrahman, Mawardi, Mouliza Astari, Khairan Ar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro
P-ISSN 2549-3698
E-ISSN 2549-3701
Published by Electrical and Engineering Education Department, Education and Teacher Training Faculty, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
Email: jurnal.circuit@ar-raniry.ac.id
Creative Commons License
Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.