Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Elektronika Mikroprosesor di Kelas X SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.22373/crc.v5i1.8223Keywords:
Penerapan Pembelajaran PBL, Model Pembelajaran, Hasil BelajarAbstract
Penerapan pembelajaran PBL berperan penting dalam peningkatan hasil belajar peserta didik, dengan adanya pembelajaran PBL maka peserta didik dapat berfikir kritis dan bisa mengembangkan pengetahuan baru. Pembelajaran PBL menuntut peserta didik untuk mampu memecahkan masalah mengenai materi yang diajarkan oleh guru. Peneliti menerapkan model PBL pada pembelajaran untuk mengetahui rancangan dan pengaruh hasil belajar peserta didik dikelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan eksperimen jenis pre eksperiment berupa metode one-group pretest-posttest design. Subjek yang diambil hanya satu kelas yaitu siswa kelas X berjumlah 28 siswa. Berdasarkan analisis data uji t pada hasil pretest dan posttest, maka diperoleh = 1,70 sedangkan dengan jumlah nilai 5,15, hal tersebut membuktikan (5,15 > 1,70) yang artinya diterima sedangkan ditolak. Sehingga dengan adanya penerapan PBL pada proses pembelajaran, maka terdapat peningkatan hasil belajar terhadap peserta didik.References
Abdul Majid dan Chaerul Rochman (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum (2013). Bandung: PR Remaja Rosdakarya.
Abuddin Nata (2009). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Amos Neolaka dan Grace Amialia A. Neolaka. 2017 Landasan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Darmadi (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Eko Ramzani (2015). Hubungan Pengalaman Praktik Kerja Industri Dengan Minat Siswa Dalam Berwirausaha Di SMK Muhammadiyah Prambanan.Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Hantje Ponto (2018). Dasar Teknik Listrik. Yogyakarta: Deepublish.
Hengki Wijaya (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologi Jaffray.
Ikhsan Risqi (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Radio Dan Televisi Di SMK Muhammadiyah I Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri, Banda Aceh.
Kathleen Meehan Arias (2003). Investigasi dan Pengendalian Wabah Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGD.
Lefudin (2014). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Rusman (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Leonardus Baskoro Y (2013). Penerapan Model Problem BasedLearning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Komputer (KK6) di SMK Wonosari Yogyakarta. Skripsi. Mahasiswa Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, Prodi Penddikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.
Mikha Agus Widiyanto (2015). Statistika Terapan. Jakarta: PT Elex Media Komputindoh.
Muhamad Yusup (2008). Matematika Kelompok Sosial, Administrasi Perkantoran dan Akuntansi. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Muh. Yusuf M (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PLC Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK, 1(2).
Ni Nyoman Padmadewi, Luh Putu Artini (2018). Literasi Di Sekolah Dari Teori ke Praktik. Bandung: NilaCakra.
Nurani soyomukti (2015). Teori-Teori Pendidikan, Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Putu ade Prayadnya dan Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika (2018). Panduan Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Saeful Rahman (2016). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Kelincahan Balsom Agility Test untuk Atlet Sekolah Menengah Pertama Khusus Olahraga di Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Syamsul Bahri, H.Fahkry Zamzam (2014). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis Sem-amos. Yogyakarta: Deepublish.
Sundarwan Danim,Darwis (2003). Metode Penelitian Kebidanan Prosedur, Kebijakan dan Etik. Jakarta: Kedokteran EGC.
Toibah Umi Kalsum, Rosdiana (2017). Alat Penghapus Whiteboard Otomatis Menggunakan Motor Stepper. Jurnal Media Infotama, 7(1), 49.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
The Journal uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).