Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Elektronika Mikroprosesor di Kelas X SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh

Malahayati Malahayati, Hadi Kurniawan, Rahmatul Ummiya, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penerapan pembelajaran PBL berperan penting dalam peningkatan hasil belajar peserta didik, dengan adanya pembelajaran PBL maka peserta didik dapat berfikir kritis dan bisa mengembangkan pengetahuan baru. Pembelajaran PBL menuntut peserta didik untuk mampu memecahkan masalah mengenai materi yang diajarkan oleh guru. Peneliti menerapkan model PBL pada pembelajaran untuk mengetahui rancangan dan pengaruh hasil belajar peserta didik dikelas X SMKN 5 Telkom Banda Aceh. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan eksperimen jenis pre eksperiment berupa metode one-group pretest-posttest design. Subjek yang diambil hanya satu kelas yaitu siswa kelas X berjumlah 28 siswa. Berdasarkan analisis data uji t pada hasil pretest dan posttest, maka diperoleh   = 1,70 sedangkan  dengan jumlah nilai 5,15, hal tersebut membuktikan (5,15 > 1,70) yang artinya  diterima sedangkan  ditolak. Sehingga dengan adanya penerapan PBL pada proses pembelajaran, maka terdapat peningkatan hasil belajar terhadap peserta didik.

Keywords


Penerapan Pembelajaran PBL, Model Pembelajaran, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid dan Chaerul Rochman (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum (2013). Bandung: PR Remaja Rosdakarya.

Abuddin Nata (2009). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Amos Neolaka dan Grace Amialia A. Neolaka. 2017 Landasan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Darmadi (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Eko Ramzani (2015). Hubungan Pengalaman Praktik Kerja Industri Dengan Minat Siswa Dalam Berwirausaha Di SMK Muhammadiyah Prambanan.Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Hantje Ponto (2018). Dasar Teknik Listrik. Yogyakarta: Deepublish.

Hengki Wijaya (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologi Jaffray.

Ikhsan Risqi (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Radio Dan Televisi Di SMK Muhammadiyah I Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri, Banda Aceh.

Kathleen Meehan Arias (2003). Investigasi dan Pengendalian Wabah Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGD.

Lefudin (2014). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Rusman (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Leonardus Baskoro Y (2013). Penerapan Model Problem BasedLearning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Komputer (KK6) di SMK Wonosari Yogyakarta. Skripsi. Mahasiswa Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, Prodi Penddikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Mikha Agus Widiyanto (2015). Statistika Terapan. Jakarta: PT Elex Media Komputindoh.

Muhamad Yusup (2008). Matematika Kelompok Sosial, Administrasi Perkantoran dan Akuntansi. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Muh. Yusuf M (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PLC Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MEDTEK, 1(2).

Ni Nyoman Padmadewi, Luh Putu Artini (2018). Literasi Di Sekolah Dari Teori ke Praktik. Bandung: NilaCakra.

Nurani soyomukti (2015). Teori-Teori Pendidikan, Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Putu ade Prayadnya dan Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika (2018). Panduan Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Saeful Rahman (2016). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Kelincahan Balsom Agility Test untuk Atlet Sekolah Menengah Pertama Khusus Olahraga di Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Syamsul Bahri, H.Fahkry Zamzam (2014). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis Sem-amos. Yogyakarta: Deepublish.

Sundarwan Danim,Darwis (2003). Metode Penelitian Kebidanan Prosedur, Kebijakan dan Etik. Jakarta: Kedokteran EGC.

Toibah Umi Kalsum, Rosdiana (2017). Alat Penghapus Whiteboard Otomatis Menggunakan Motor Stepper. Jurnal Media Infotama, 7(1), 49.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/crc.v5i1.8223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Malahayati, Hadi Kurniawan, Rahmatul Ummiya, Nurhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

               

 

Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro
P-ISSN 2549-3698
E-ISSN 2549-3701
Published by Electrical and Engineering Education Department, Tarbiyah and Teaching Learning Faculty, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
Email: jurnal.circuit@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License
Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.