EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR (STUDI KASUS DI SMK NEGERI AL MUBARKEYA)

Muhajir Muhajir, Rahmat Musfikar, Hazrullah Hazrullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Edmodo terhadap minat  dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer jurusan teknik komputer jaringan di SMK Negeri Al- Mubarkeya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik eksperimen, desain yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan desain Pretest-Postest Kelompok Tunggal, kelas eksperimen menerapkan media pembelajaran Edmodo ,dan kelas Kontrol tidak menerapkan media pembelajaran Edmodo, penelitian ini melakukan Pretest sebelum menggunakan media pembelajaran dan Posttest sesudah menerapkan media pembelajaranEdmodo,menyatakan bahwa nilai rata-rata pre-test kelompok eksperimen yaitu 40,74 dan post-test sebanyak 80,31. Sedangkan hasil pre-test kelompok kontrol adalah 53,98 dan nilai post-test 67,65. Maka hasil belajar siswa (i) atau post-test siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil post-test kelas kontrol. Adapun menurut perhitungan uji-t, juga menghasilkan nilai post-test rata-rata kelas kontrol yaitu 80,53 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 67,68. Hal ini menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil ini juga dibuktikan oleh hasil signifikasi dari hasil tes indenpendent sample test yaitu 0,044. Hasil signifikasi tersebut menunjukkan bahwa 0.044< 0,05 atau tHitung < tTabel  maka  hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Edmodo lebih efektif karena terdapat peningkatan minat dan hasil belajar.

 


Keywords


Media Pembelajaran Edmodo, Hasil dan Minat Belajar, E-Learning

References


W. Sanjaya, Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group, 2012.

M.Asrofi, E-Learning Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2008.

Meinda Ratih Siwi Hapsari. Pengaruh Penerapan Media Edmodo Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Kelas Xi Ips Sman 1 Srono. Universitas Jember.Jawa Timur, 2018.

Nurul Hikmah Anwar. Efektivitas Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fisika Kelas Xi Ipa Sman 1 Tanete Rilau.Universitas Alauddin,Makassar, 2017.

Arsyad, Azhar. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2002.

Parjanto, Ridi Ferdiana. Analisis Minat Penggunaan E-Learning Pada Guru Dan Peserta Didik Sma Negeri 1 Depok Sleman. Universitas Gadjah Mad, Yogyakarta, 55281, ISBN: 978-602-1180-21-1. h. 23, 2015.

Muhhamad Azyes Herlambank. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Simulasi Digital Di Smk Negeri 1 Gombong.UNY.Yokyakarta. 2015.

Septian nugroho. Teknologi Pendidkan.. Semarang. 2014

Aminoto, Tugiyo dan Pathoni, Hairul. Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika. Jambi: Universitas Jambi. 2014.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007

Mustaqim, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2008.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

V.Wiratna Sujarweni, SPSS untuk peneltian, Yogyakarta: Pustaka

Baru Press, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/cj.v3i1.4725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rahmat Musfikar, Muhajir Muhajir, Hazrullah Hazrullah


Published by Prodi Pendidikan Teknologi Informasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

P-ISSN: 2598-2079  //  E ISSN : 2597-9671 

Creative Commons License

Cyberspace is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.