EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR (STUDI KASUS DI SMK NEGERI AL MUBARKEYA)
DOI:
https://doi.org/10.22373/cj.v3i1.4725Keywords:
Media Pembelajaran Edmodo, Hasil dan Minat Belajar, E-LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Edmodo terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer jurusan teknik komputer jaringan di SMK Negeri Al- Mubarkeya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik eksperimen, desain yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan desain Pretest-Postest Kelompok Tunggal, kelas eksperimen menerapkan media pembelajaran Edmodo ,dan kelas Kontrol tidak menerapkan media pembelajaran Edmodo, penelitian ini melakukan Pretest sebelum menggunakan media pembelajaran dan Posttest sesudah menerapkan media pembelajaranEdmodo,menyatakan bahwa nilai rata-rata pre-test kelompok eksperimen yaitu 40,74 dan post-test sebanyak 80,31. Sedangkan hasil pre-test kelompok kontrol adalah 53,98 dan nilai post-test 67,65. Maka hasil belajar siswa (i) atau post-test siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil post-test kelas kontrol. Adapun menurut perhitungan uji-t, juga menghasilkan nilai post-test rata-rata kelas kontrol yaitu 80,53 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 67,68. Hal ini menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil ini juga dibuktikan oleh hasil signifikasi dari hasil tes indenpendent sample test yaitu 0,044. Hasil signifikasi tersebut menunjukkan bahwa 0.044< 0,05 atau tHitung < tTabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Edmodo lebih efektif karena terdapat peningkatan minat dan hasil belajar.
References
W. Sanjaya, Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Kencana Prenada Media Group, 2012.
M.Asrofi, E-Learning Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2008.
Meinda Ratih Siwi Hapsari. Pengaruh Penerapan Media Edmodo Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Kelas Xi Ips Sman 1 Srono. Universitas Jember.Jawa Timur, 2018.
Nurul Hikmah Anwar. Efektivitas Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fisika Kelas Xi Ipa Sman 1 Tanete Rilau.Universitas Alauddin,Makassar, 2017.
Arsyad, Azhar. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2002.
Parjanto, Ridi Ferdiana. Analisis Minat Penggunaan E-Learning Pada Guru Dan Peserta Didik Sma Negeri 1 Depok Sleman. Universitas Gadjah Mad, Yogyakarta, 55281, ISBN: 978-602-1180-21-1. h. 23, 2015.
Muhhamad Azyes Herlambank. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Edmodo Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Simulasi Digital Di Smk Negeri 1 Gombong.UNY.Yokyakarta. 2015.
Septian nugroho. Teknologi Pendidkan.. Semarang. 2014
Aminoto, Tugiyo dan Pathoni, Hairul. Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika. Jambi: Universitas Jambi. 2014.
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007
Mustaqim, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2008.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.
V.Wiratna Sujarweni, SPSS untuk peneltian, Yogyakarta: Pustaka
Baru Press, 2015.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Cyberspace Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).