APLLICATION OF HAVERSINE FORMULA IN NEAREST SALATIGA REPAIR SHOP SEARCH GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM USING FLUTTER FRAMEWORK

Muhammad Arifin, Evangs Mailoa

Abstract


Semakin banyak nya kendaraan bermotor yang digunakan oleh warga Indonesia,  resiko terjadi kecelakaan lalu lintas juga akan semakin besar. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi resiko kecelakaan lalu lintas, salah satunya adalah tidak normalnya kondisi dari kendaraan yang digunakan dan diperlukan sebuah bengkel yang dapat mengatasi masalah tersebut. Dengan menerapkan formula haversine dan pengembangan aplikasi mobile menggunakan Flutter, penelitian ini menghasilkan suatu sistem informasi geografis pencarian jarak terdekat dari suatu bengkel motor dan mobil yang berada di kota Salatiga. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi mobile dengan perhitungan jarak yang dapat dikatakan mendekati akurat dan menampilkan rute dari titik pengguna ke bengkel yang dipilih dengan pembangun peta digital dari Google Maps.

Keywords


Bengkel; Flutter; Google Maps

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2016). Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis. https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/1133. Diakses 11 November 2020.

Ikhwanul Qiram, Ainoer Roffiq. (2017). Servis Sepeda Motor Gratis di Desan Pesucen Sebagai Upaya Peningkatan Skills Mahasiswa Teknik Mesin. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat) Vol.1 No. 1. hlm. 10

Irawan, S., & Putra, G., H. (2016). Aplikasi Pencarian Tambal Ban Motor Terdekat Berbasis Android (Studi Kasus Tambal Ban di Kota Batam). Jurnal Teknomatika. Vol 9, no. 1, hlm 14.

Prasetyo, D., & Hastuti, K. (2015). Penerapan Haversine Formula Pada Aplikasi Pencarian Lokasi Dan Informasi Gereja Kristen Di Semarang Berbasis Mobile. Skripsi Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro.

Yulianto. Ramadiani. Awang Harsa Kridalaksana. (2018). PENERAPAN FORMULA HAVERSINE PADA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PENCARIAN JARAK TERDEKAT LOKASI LAPANGAN FUTSAL. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer. Vol. 13, No. 1 Februari 2018. hlm 18.

Nawam Milal, Sri Nurhayati. Aplikasi Pencarian Lokasi Spbu Terdekat Menggunakan Metode Algoritma Dijstrak Berbasis Android Di Kota Bandung. Skripsi Teknik Komputer Universitas Komputer Indonesia.

Dian, Muhar. (2018). Tutorial Flutter #1: Pengenalan dan Persiapan Pemrograman Mobile dengan Flutter. [Online]. Tersedia: https://www.petanikode.com/flutter-linux/.

Widad, Muhamad Faisal. Sistem Informasi Penjualan Berbasis Android Di Toko Busana Faisal Collection (SIPITON). Program Studi Sistem Informasi. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer. Universitas Komputer Indonesia. Bandung. 2017.

Anindita. (2015). Pengenalan Web Service. [Online]. Tersedia: https://aninditasaktiaji.com/pengenalan-web-service/.

Rubin A. Geo (proximity) Search with MySQL 2006. http://www.arubin.org/files/geo_search.pdf. Diakses tanggal 17 November 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/cj.v5i2.9350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Arifin

This journal has been indexed by:

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with the Department of Information Technology Education, Faculty of Education and Teacher Training, Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh.
P-ISSN: 2598-2079
E-ISSN: 2597-9671
Creative Commons License
Content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,
except where otherwise noted.