MENYOROT PERTIMBANGAN HAKIM PENGADILAN AGAMA GORONTALO DALAM MENETAPKAN AHLI WARIS PADA PERKARA SENGKETA WARIS

Abdur Rahman Adi Saputera, Siti Nur Muthiah

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine how the process of settling the warsis expert (PAW) in the Gorontalo Religious Court; and what was the judge's consideration in completing the Inheritance Petition (PAW) at the Gorontalo Religious Court. The method used in this research is descriptive qualitative analysis method with a qualitative approach. Qualitative research is a research procedure that produces descriptive data in the form of written or spoken words from people and observed behavior. The results of this study indicate that the settlement process of Inheritance Designation (PAW) at the Gorontalo Religious Court has been carried out with the applicable procedures and conditions based on statutory regulations. Applications for the determination of heirs and cases of claim for inheritance must be seen whether the formal requirements have been fulfilled or not, match or not with the family tree of the kelurahan. If it is not suitable, the judge will be rejected (NO) to continue the case. The judges' considerations in making the decision were: the heir had died; the heirs exist and are still alive; mentioning the interests of the applicant in his application. Basically, the benchmarks of the judge in making his decision must take into account the legal facts revealed in the trial, also pay attention to aspects of justice and benefit for the parties concerned, pay attention to the applicable rules and noble values that develop in society.

Keywords: Judge's Consideration, Gorontalo Religious Court, Inheritance

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses penyelesaian penetapan ahli warsis (PAW) di Pengadilan Agama Gorontalo; dan bagaimana pertimbangan hakim dalam penyelesaian Petapan Ahli Waris (PAW) di Pengadilan Agama Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis diskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penyelesaian Penetapan Ahli Waris (PAW) di Pengadilan Agama Gorontalo telah dilakukan dengan prosedur dan syarat-syarat yang berlaku berdasarkan aturan perundang-undangan. Permohonan penetapan ahli waris dan perkara gugat waris harus dilihat apakah syarat formilnya sudah terpenuhi atau tidak, cocok atau tidak dengan silsilah keluarga dari kelurahan. Bila tidak sesuai maka hakim akan ditolak (NO) untuk melanjutkan perkara tersebut. Pertimbangan hakim dalam menjatuhkan penetapannya yaitu: pewarisnya sudah meninggal; ahli warisnya ada dan masih hidup; menyebutkan kepentingan pemohon dalam permohonannya. Pada dasarnya tolak ukur hakim dalam menjatuhkan putusannya harus dengan mempertimbangkan fakta-fakta hukum yang terungkap dalam persidangan, juga memperhatikan aspek-aspek keadilan dan kemanfaatan atas bagi para pihak yang terkait, memperhatikan aturan-aturan yang berlaku dan nilai-nilai luhur yang berkembang dalam masyarakat.

Kata Kunci: Pertimbangan Hakim, Pengadilan Agama Gorontalo, Ahli Waris


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Fikri & Wahidin, Fikri & Wahidin. “Konsepsi Hukum Waris Islam Dan Hukum Waris Adat (Analisis Kontekstualisasi Dalam Masyarakat Bugis).” Al-Ahkam: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum (2017).

Idris, Muh. “Implementasi Hukum Waris Dan Pengajarannya Pada Masyarakat Kec. Poleang Tengah Kab. Bombana (Perbandingan Antara Hukum Adat, Hukum Islam Dan Hukum Perdata).” Jurnal Al-’Adl (2015).

Kushidayati, Lina. “Hak Opsi Dan Hukum Waris Islam Di Indonesia.” Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam (1970).

Masnayanti, And Abdillah Mustari. “Pertimbangan Hakim Dalam Penyelesaian Sengketa Harta Waris Antara Saudara Kandung.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (2019).

Moleong, Lexy J. “Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).” In Pt. Remaja Rosda Karya, 2017.

Setiawan, Eko. “Penerapan Wasiat Wajibah Menurut Kompilasi Hukum Islam (Khi) Dalam Kajian Normatif Yuridis.” Muslim Heritage (2017).

Silalahi, Ulber. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Percetakan Refika Aditama, 2009.

Sirin, Khaeron. “Analisis Pendekatan Teks Dan Konteks Dalam Penentuan Pembagian Waris Islam.” Ahkam : Jurnal Ilmu Syariah (2013).

Tarigan, Azhari Akmal. “Pelaksanaan Hukum Waris Di Masyarakat Karo Muslim.” Ahkam (2014).

Wahyuni, Afidah. “Sistem Waris Dalam Perspektif Islam Dan Peraturan Perundang-Undangan Di Indonesia.” Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I (2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/dusturiyah.v11i1.7883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdur Rahman Adi Saputera, Siti Nur Muthiah

 
Indexed by:

Justisia Justisia Justisia Justisia Justisia

 
Tools:

Justisia Justisia Justisia Justisia Justisia

All papers published in Dusturiyah: Jurnal Hukum Islam, Perundang-undangan dan Pranata Sosial are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Office address: Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Jl. Ar-Raniry, Kopelma Darussalam, Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh, Indonesia 23111. Email: jurnal.dusturiyah@ar-raniry.ac.id