PENERAPAN TEKNIK GAME OF DIALOG UNTUK MENGURANGI KECEMASAN PESERTA DIDIK MAS BABUN NAJAH BANDA ACEH

Evi Zuhara, Mukhlis Mukhlis, Rizka Agustin

Abstract


Kecemasan merupakan salah satu penghambat perkembangan peserta didik, karena kecemasan berkaitan dengan perasaan yang tidak menyenangkan, mengganggu, serta menimbulkan respon fisiologis, psikologis, kognitif dan afektif. Peserta didik yang memiliki kecemasan akan mengalami kesulitan menyesuaikan diri. Permasalahan di MAS Babun Najah adalah kecemasan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik game of dialog mampu mengurangi kecemasan peserta didik MAS Babun Najah Banda Aceh. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian adalah skala likert dengan menyebarkan instrumen angket kecemasan kepada peserta didik kelas X MAS Babun Najah Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan teknik game of dialog memiliki signifikansi terhadap kecemasan peserta didik yang ditandai pada perubahan skor rata-rata pretest yaitu 70و70 menjadi 44,90 pada skor rata-rata postest. Perbedaan selisihantara skor rata-rata pretest dan skor rata-rata posttest adalah 25,800 artinya terjadi pengurangan kecemasan peserta didik setelah memperoleh teknik game of dialog. Kesimpulan penelitian menunjukkan teknik game of dialog mampu mengurangi kecemasan peserta didik MAS Babun Najah Banda Aceh.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22374/es.v1i1.13965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.