PENGEMBANGAN MEDIA TAMAN HURUF HIJAIYAH UNTUK MEMPERKENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI

Jamaliah Hasballah, Dewi Fitriani, Syerlinda Syerlinda

Abstract


Permasalahan yang terjadi di daerah Pasar Lama adalah anak usia dini masih mengalami kesulitan dalam mengenal huruf hijaiyah dan anak-anak sekarang sangat berkurang minatnya untuk mengenal huruf hijaiyah, karena adanya hambatan yaitu, kurangnya media yang mampu membuat anak tertarik untuk belajar mengenal huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media taman huruf hijaiyah sebagai media pembelajaran untuk memperkenalkan huruf hijaiyah pada anak usia dini, dan mengetahui kelayakan media taman huruf hijaiyah untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyah. Penelitian ini merupakan metode  penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analisis, desain, development, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini berlokasi di TPA Gampong Pande, yang berjumlah 11 orang anak.  Berdasarkan hasil penilaian materi taman huruf hijaiyah oleh ahli materi berdasarkan setiap aspek mendapatkan  kriteria penilaian 96,4% “Sangat layak”. Penilaian ahli media berdasarkan setiap aspek mendapatkan kriteria penilaian 94,4% Ssangat layak”. Dan hasil penilaian lembar observasi bahwa media taman huruf hijaiyah mendapatkan kriteria penilaian 83% “Layak”. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli media dan ahli materi, dan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di TPA Gampong Pande dapat disimpulkan bahwa media taman huruf hijaiyah untuk memperkenalkan huruf hijaiyah pada anak usia dini “Layak” digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan hasil penilaian

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz. 2010. Cara Mudah Belajar Tajwid. Jakarta: Embun Publishing.

Ajak Rukajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif (quantitative research approach) Yogyakarta: Budi Utama.

Ali Nugraha. 2005. Pengembangan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Dikti.

Amir Mahmud. 2016. Metode Kartu untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah di PAUD WidyaBunda Karangsono Sukorejo, jurnal Mahfum Vol 1.No. 2 November.

Andri Saputra dan Yuliansyah. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode 4-D, Jurnal Matrik. Vol 17. No 2 Mei.

Arief S. Sadirman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Asnawir dan M. Basyirudin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Azhar Arsyad. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Cepy Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta.

Desiva Silvia. 2019. Implementasi Media Kartu Gambar Hijaiyah dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah. Jurnal Jendela Bunda, vol 6. No 2 September.

Hasmida. 2014. Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta.

Khairul Umam. 2005. Mudah Cepat Tepat Membaca Al-Qur’an. Jakarta: Qultum Media.

Mimi Suryani. 2009. Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Puzzle Styrofoam. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol 3. No 6.

Moeslichaton. 1999. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Mutia Nanda Herlina. 2018. Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal JPP AUD Untirta. Vol 5. No 1 Mei.

Nana Syaodih Sukma Dinata. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung.

Nanaeke. 2019. Deteksi Dini Perkembangan Anak Usia 4-5 tahun. Jurnal Vol 2. No 1.

Sidiq dan Safiuddin. 2008. Modul Al-Qur’an. Jakarta: PT Makhtubullah.

Suharso dan Ana Retnoningsih. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung.

Tri Widayati. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Tutor PAUD Dalam Menggali Perilaku Kerjasama AUD Melalui Gerak dan Lagu. Jurnal Ilmiah Visi PTK-PNF Vol 4. No 2 Desember.

Wawan Gunawan. 2019. Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. Jurnal Informatika Vol 6. No 1 April.

Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22374/es.v1i1.14689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.