STUDI PEMANFAATAN APLIKASI TIK-TOK SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MASA PANDEMI COVID 19

Muhammad Roja Al Wali, Rima Maulida

Abstract


Dewasa ini inovasi pembelajaran media berbasis online semakin meningkat. Dunia pendidikan telah mengalami pergeseran tradisi dari pembelajaran offline (berbasis tatap muka) menjadi online (berbasis teknologi), hal ini diakibatkan oleh pandemi covid 19. Tentunya hal ini menuntut pendidik untuk memanfaatkan berbagai media teknologi, salah satunya dengan menggunakan aplikasi tik-tok dalam pembelajaran Bahasa Arab. Sebagaimana diketahui tik-tok adalah aplikasi yang cukup populer dikalangan khalayak ramai. Total unduhan aplikasi tik-tok pada tahun 2020 mencapai 36,6 juta kali dan indonesia menjadi negara yang paling banyak mengunduh aplikasi ini, yaitu sebesar 11% dari total unduhan aplikasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan tik-tok jika digunakan untuk media pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya berupa kajian kepustakaan (library research) yaitu mengkaji berbagai permasalahan dari berbagai sumber pustaka yang selaras dan sesuai serta menggali informasi dan data-data yang akan penulis tuangkan dalam bentuk pembahasan sampai mendapatkan kesimpulan akhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya tik-tok merupakan aplikasi yang efektif dan bermanfaat untuk digunakan sebagai alternatif media pembelajaran Bahasa Arab. Hal ini dikarenakan tik-tok memiliki banyak pengguna, memiliki banyak fitur yang mendukung kegiatan pembelajaran serta disenangi semua kalangan terkhusus kaum milenial usia pelajar, dan terjamin keamanannya karena memiliki fitur yang mengatur pengoptimalan penyebaran konten sebagai wadah filterisasi.

Kata Kunci: Tik-Tok, Media Pembelajaran, Bahasa Arab, Pandemi, dan Covid-19

Full Text:

PDF

References


Chriswardana Bayu Dewa,Lina Ayu Safitri. “Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19” Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata Dan Budaya Volume 12 Nomor 1,Maret 2021.

Goma, E. I. (2019). Situasi Keluarga Berencana di Provinsi Kalimantan Timur.

Chriswardana Bayu Dewa, Lina Ayu Safitri. “Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19” Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata Dan Budaya Volume 12 Nomor 1,Maret 2021.

R. Ramadhan, “Aplikasi TikTok Sebgai Media Pembelajaran Bahsa Arab Baru Di Zaman Digital,” Trends and Future Perspective on Arabic Education, Linguistics, Literature, Culture, and Translation, hlm. 523–537, Des 2020.

R. Ramadhan, “Aplikasi TikTok Sebgai Media Pembelajaran Bahsa Arab Baru Di Zaman Digital,” Trends and Future Perspective on Arabic Education, Linguistics, Literature, Culture, and Translation, hlm. 523–537, Des 2020.

A. Fadhilah Khomsah dan Muossamah, “Penerapan E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi,” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiyah, vol. 6, no. 1, hlm. 1–14, Jun 2021.

Georafflesia, 4(2), 201-210

D. Rahmawati As’ari, “Strategi dan Metode Pembelajaran Bahsa Arab,” Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahsa Arab di Indonesia, vol. 1.

Mukrandi, “Problematika Pembelajaran Bahsa Arab Masa Pandemi Covid-19 di MIN 1 Kotawaringin Timur,” Jurnal Paedagogie, vol. 8, no. 2, hlm. 90–99, Des 2020.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA”. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA,6(1), 41-53.

Sorrels. (2015). Globalizing Intercultural Communication. California: Sage Publications, Inc

Sunhaji, Strategi Pembelajaran: Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar, 2 ed. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Senja, 2015. Diakses: Sep 28, 2021. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/ eprint/1883

W. Nugroho Aji, “Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia,” hlm. 431–440, 2018.

Z. Sam, “Metode Pembelajaran Bahasa Arab,” nukhbah, vol. 2, no. 1, hlm. 206–220, Des 2016, doi: 10.36701/nukhbah.v2i1.16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.