PENERAPAN MEDIA KARTU KATA EJAAN UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA

Mirayani Mirayani, Suharman Suharman, M Reski Andhika

Abstract


Artikel ini membahas tentang penerapan media kartu ejaan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Membaca sangat penting bagi setiap anak, karena tanpa membaca siswa tidak dapat menguasai pembelajaran dengan baik. Siswa kelas rendah masih sulit membedakan bentuk huruf dan huruf konsonan yang terbalik, karena siswa mengalami disleksia (gangguan yang dialami disaat proses pembelajaran, baik kesulitan membaca, menulis atau mengeja). Agar proses pembelajaran menjadi lancar dan memperoleh keberhasilan siswa di kelas 1, media pembelajan sangat tepat digunakan untuk mengatasi hal tersebut, untuk memudahkan siswa dalam kesulitan belajar, dibutuhkan media kartu kata ejaan di kelas 1. Dengan menggunakan media kartu kata ejaan, dapat memudahkan siswa dalam membedakan bentuk huruf yang hampir sama serta dapat mempermudah siswa dalam mengatasi kesulitan dalam hal membaca.

Kata Kunci: Penerapan, Media, dan Kartu Kata Ejaan


Full Text:

PDF

References


Henry Guntur Tarigan, “Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa”. Bandung: CV Angkasa, Revisi 2015, 8.

Arsyad. “Media Pembelajaran.” Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013, 3.

Arif S. Sadiman, “Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatannya.” Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007, 18.

Sukiman, “Pengembangan Media Pembelajaran”. Jogjakarta: PT Pustaka Insan Madani, 2012.

Iwan Falahudin. “Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran” Jurnal Lingkar Widyaiswara Edisi 1 (4) Oktober-Desember 2014, p.104-117 ISSN: 2355-4118, diakses pada maret 2021.

Arsyad. “Media Pembelajaran.” Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2013, 6.

Sriyanto. Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Ejaan (PDF). Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014), 6.

Ratna Pangastuti, “Pengenalan Abjad Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf”, Journal Of Early Childhood Islamic Education 1 (1) (2017), 56.

Dwi Nurhayati Adhani, “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dengan Media Flashcard”, Jurnal PG-Paud Trunojoyo 3 (2) (2016), 114.

Oinne Marthyanne Pratiwi, dkk. “Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas Satu Sekolah Dasar.” Pendidikan, 1 (Mei, 2017), 70 diakses 30 Maret 2021.

Busrowi, Suwardi, “Memahami Penelitian Kualitatif.” Jakarta: Rineka Cipta, 2008, 20- 21.

Farida Rahim, “Pengajaran Membaca di SekolahDasar”. Jakarta: BumiAksara, 2008, 16-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.