LISTENING TEAMS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

Suraiya Suraiya

Abstract


Listening Team (Tim Pendengar) adalah salah satu alternatif model pembelajaran yang  berasal dari Active Learning yang didesain oleh Melvin L Silberman. Tujuan penerapan  Listening Team ini agar anak didik terlatih bekerja dalam kelompok secara harmonis serta mendapat hasil belajar yang maksimal. Untuk mengaplikasikannya, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan yaitu membagi anak didik menjadi empat tim; tim penanya, tim penyetuju, tim pembantah dan tim pemberi contoh. Pendidik selanjutnya memberikan ceramah atau arahan terkait materi yang harus didiskusikan dalam tim masing-masing. Semua tim diberikan waktu untuk mempersiapkan diri untuk memperesentasikan hasil diskusi timnya. Model pembelajaran ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain mampu mengembangkan kemampuan kognitif anak didik, membuat anak berpikir kritis selama proses diskusi, membuat anak dengan kemampuan interpersonal dan intrapersonal berkembang lebih baik. Listening Team ini juga mampu membuat anak didik mengungkapkan gagasan atau ide terkait topik yang dibahas. Anak didik juga dilatih untuk menemukan cara bagaimana merespon orang lain terkait cara menyetujui dan menyangkal ide yang diberikan oleh tim lain, dan mengembangkan kemampuan untuk menguji ide dan pemahamannya terhadap ide yang disampaikan oleh tim lain. Yang terakhir, pastinya dengan belajar dengan Listening Team ini, motivasi dan hasil belajar anak didik akan meningkat. Namun demikian, Listening Teams ini juga memiliki beberapa kelemahan di antaranya bila ada siswa yang tidak dapat memahami materi, mereka akan mengalami kesulitan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik, meleburnya penilaian individu karena adanya penilaian kelompok, menghabiskan waktu yang cukup lama, serta sulitnya menumbuhkan sikap komunikatif peserta didik.

Kata Kunci: Active Learning, Listening Team, dan Pembelajaran PAI.


Full Text:

PDF

References


Ruqaiyah & Rahmad Syah Putra, “Pendidikan sebagai Investasi Sumber Daya Manusia,” Aceh 2021: Sumber Daya Alam, dan Politik, Banda Aceh: Bandar Publishing, 2021.

Amirul Haq RD & Rahmad Syah Putra, “Inovasi Kurikulum PAI pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Era Disrupsi.” Aceh 2022: Pendidikan dan Politiknya, Banda Aceh: Bandar Publishing, 2022.

Abdul Rahmah, “Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam- Tinjauan epistimologi dan isi materi,” Jurnal Eksis 8 (1) 2012, 2055.

Nurainiyah. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam,” Jurnal Al-Ulum 13 (1) 2013, 26.

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya, 2008, 135.

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya, 2008, 135.

Asnely Ilyas, Mendambakan Anak Shaleh, Bandung: Al-Bayan, 1995, 135.

Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajarn Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Indonesia Cet Pertama, 2014, 209.

Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajarn Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Indonesia Cet Pertama, 2014, 210.

Cahyati Khasani & Ahmad Ma’ruf , “Metode Listening Team Melvin L Silberman dalam Pembelajaran Pendidikan Islam,” Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam 2 (1) Januari 2020, 17. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim. Diakses April 21

Melvin L Silberman, Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nuansa Cendekia, 2014, 121.

Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajarn Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Indonesia Cet Pertama, 2014, 229.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, ed I Cet 2, Jakarta: Kencana, 2007, 145.

Hisyam Zaini, Bermawy Munthe & Sekar Ayu Aryani, Strategi Pembelajaran Aktif. Cet-6, Jokjakarta: CTSD (Center for Teaching Staff Deveopment) Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2007, 30.

M. Iqbal Lubis, Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Learning Listening Team terhadap Pemahaman Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kuantan Singingi. Kutubhanah, 2015, 267.

Melvin L Silberman, Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nuansa Cendekia, 2014, 121.

Cahyati Khasani & Ahmad Ma’ruf , “Metode Listening Team Melvin L Silberman dalam Pembelajaran Pendidikan Islam,” Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam 2 (1) Januari 2020, 112. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim. Diakses April 21

Wanda Kurniawan, “Rancangan Sistem Forum Diskusi Online untuk Program Sistem Informasi Antara Dosen dan Mahasiswa.” Jurnal Rekayasa Informasi 5 (2) 2016, 116.

Rini Solihat, “Penerapan Model Pembelajarn Kooperatif Listening Team untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi: Penelitian tindakan Kelas di Kelas XI IPA SMA Muslimin Cililin,” Diss UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2013, 9.

Cahyati Khasani & Ahmad Ma’ruf , “Metode Listening Team Melvin L Silberman dalam Pembelajaran Pendidikan Islam,” Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam 2 (1) Januari 2020, 116. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim. Diakses April 21

Nurhalimah Pakpahan, Pengaruh Strategi Listening Team terhadap Hasil Belajar Santri pada Mata Pelajaran Fiqh di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar, Diss.Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kssim Riau, 2014, 17.

Dilla Fadhillah, “Metode Listening Team dan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dalam Pengajaran Menyimak di Sekolah Dasar Lingua Rima.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9 (1) 2020, 10.

Rini Solihat, “Penerapan Model Pembelajarn Kooperatif Listening Team untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi: Penelitian tindakan Kelas di Kelas XI IPA SMA Muslimin Cililin,” Diss UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2013, 9.

Dilla Fadhillah, “Metode Listening Team dan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dalam Pengajaran Menyimak di Sekolah Dasar Lingua Rima.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9 (1) 2020, 10

Muhammad Zainuddin, Studi Eksperimen Model Pembelajaran Listening Team dan Team Quiz terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Pada Maata Pelajaran IPS Materi Sejarah Uang di MI Tamrinuth Thullab Sowan Lor Jepara, Semarang: Univ Islam Negeri Walisongo Semarang, 2015, 16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.