URGENSI PENATAAN KURIKULUM DALAM PEMBENTUKAN MORAL SISWA SEKOLAH DASAR

Azhar Azhar

Abstract


Kurikulum merupakan serangkaian pedoman pendidikan, namun belum merespon pembentukan moral dalam komponen kurikulum. Pembentukan kualitas moral manusia sebagai elemen dasar kepribadian perlu dilakukan penataan kompetensi spiritual dalam kurikulum. Jackson dan Geckeis dalam gagasannya tentang kurikulum belum memasukkan tentang pengukuran kompetensi spiritual. Fakta ini dapat ditemukan pada sekolah dasar di kota Banda Aceh. Paper ini bertujuan untuk memaparkan urgensi penataan kurikulum dalam pembentukan moral siswa sekolah dasar. Tulisan ini mengkombinasikan data kualitatif dari 6 responden guna menemukan konten penataan kurikulum pada beberapa sekolah dasar di kota Banda Aceh. Data kuantitatif disajikan dalam bentuk tabulasi dan grafik  guna mengukur kompetensi kurikulum. Berdasarkan kajian lapangan ditemukan tiga komponen utama. Pertama, urgensi penataan kurikulum, kedua, moral dalam pembahasan, ketiga, pembentukan moral siswa sekolah dasar, dan keempat, langkah strategis dan solusi terintegrasi. Kajian ini dianggap baru karena menggunakan penataan kurikulum dalam merespon moral siswa. Temuan ini dapat digunakan untuk memperkuat relevansi kurikulum dengan dekadesi moral era global. Kurikulum yang tidak tertata dengan baik akan menghasilkan lulusan dengan kemampuan afektif rendah.

Kata Kunci: Penataan, Kurikulum, Moral, dan Siswa


Full Text:

PDF

References


Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. & Rahmad Syah Putra, Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMA Negeri 3 Meulaboh, Jurnal Administrasi Pendidikan 5 (3), 2017, 166-167.

Said Agil Husin Al-Munawar, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur'ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Ciputat: Ciputat Press, 2015.

Marian de Souza. International Handbook Of The Religious, Moral And Spiritual Dimensions In Education. The Netherlands: Published by Springer, P.O. Box 17, 3300 AA Dordrecht. 2006.

Tilaar HAR, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21, Magelang: Indonesia Tera, 2016.

Tilaar HAR, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21, Magelang: Indonesia Tera, 2016.

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah

Oemar Hamalik, Manajemen Kurikulum, Bandung: Bina Ilmu, 2012.

Hani Handoko, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2015

Ibrahim, Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum, Bandung: Rosdakarya, 2018

Mulyani Sumantri, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

Said Agil Husin Al-Munawar, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur'ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Ciputat: Ciputat Press, 2015.

Qodri Azizy A, Pendidikan Untuk Membangun Etika Sosial, Jakarta: Aneka Ilmu, 2003.

William K. Frankena, Ethics, Englewood Cliffs: NJ Prentice Hall, 1973.

Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999. & Basyiruddin Usman M, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002

Qodri Azizy A, Pendidikan Untuk Membangun Etika Sosial, Jakarta: Aneka Ilmu, 2003.

Annemarie Schimme L. Mystical Dimensions of Islam. America: The University of North Carolina Press All rights reserved Manufactured, 1975.

Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011

Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011

Jusnimar Umar, “Aktualisasi Prilaku Keberagamaan Remaja”, Tesis, Bandung: Pascasarjana UPI, 2006 & James Mac Lellan, Phillosophy of Education, Englewood Cliffs: Frentice Hall, 1976.

Said Agil Husin Al-Munawar, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur'ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Ciputat: Ciputat Press, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.