UJI COBA PENERAPAN METODE SILENT DEMONSTRATION SELAMA COVID19 DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE MEET PADA PEMBELAJARAN FIQH MATERI HAJI DAN UMRAH SISWA KELAS X AGAMA 3 MADRASAH ALIYAH RUHUL ISLAM ANAK BANGSA

Fithriani Fithriani, Zubaidah Zubaidah

Abstract


Strategi pembelajaran aktif silent demonstration merupakan strategi pembelajaran yang membantu siswa untuk menemukan jawaban dengan mengkontruksi sendiri pemikirannya berdasarkan Demonstration bisu, sehingga siswa lebih memahami pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi bisu pada pembelajaran Haji dan Umrah dengan menggunakan aplikasi google meet pada siswa kelas X 3 Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru, siswa dan orang tua, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa metode demonstrasi bisu melalui aplikasi google meet sangat efektif digunakan, sehingga menjadi media teknologi baru untuk menyajikan materi dengan guru tanpa banyak berbicara. Hanya saja, kendalanya siswa dan guru harus benar-benar paham terhadap penggunaan aplikasi google meet sebagai media pembelajaran, dan memastikan jaringan benar-benar terkoneksi dengan baik agar pada saat guru mengajarkan prosedur secara bertahap-tahap berjalan lancar, terutama saat menunjukkan slide presentasi yang memperagakan sebuah prosedur tanpa banyak bicara, akan mendorong siswa untuk cermat secara mental. Siswa juga dapat mengamati dan memperhatikan apa yang diperlihatkan selama pembelajaran belangsung, sehingga siswa lebih memahami pembelajaran dengan baik.

Kata Kunci: Silent Demonstration, Google Meet, Fiqh, Haji, Umrah, dan MA Ruhul Islam Anak Bangsa


References


Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; Rahmad Syah Putra, Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMA Negeri 3 Meulaboh, Jurnal Administrasi Pendidikan 5 (3), 2017, 166-167.

Melvin L Silberna, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nuansa Cendekia, 2011, 236.

Agus Suprijono, Cooperative Learning, Yokyakarta: Pustaka Pelajar, Cet-7, 2012, 12.

H.M. Natsir, Pengembangan Pembelajaran Fikih Kelas X Madrasah Aliyah dalam Model Dick & Carey, dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 5 (1) 2017 ISSN(p) 2089-1946 & ISSN(e) 2527-451153, 53 & Agus Suprijono, Cooperative Learning, Yokyakarta: Pustaka Pelajar, Cet ke-7, 2012, 12-13.

Sudjana S, Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif, Bandung: Falah, Cet-2, 2012, 132.

Sudjana S, Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif, Bandung: Falah, Cet-2, 2010, 132.

Akinbobola, A.O and Afolabi, F. 2010. Analysis of Science Process Skills in West African Senior Secondary School Certificate Physics Partical Examination in Negiria, American-Eurasian Journal of Scientific Research Vol 5 (4), 234-240.

Osturk, N., Ozden, T., and Bahaddin, M. 2010. Science Process Skills Levels of Primary School Seventh Grade Students in Science an Technology Lesson, Journal of Turkish Science Education 7 (3), 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.