KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA PADA MATERI MATEMATIKA SMP/SMA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH

Cut Intan Salasiyah

Abstract


Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika, karena dengan memahami sebuah konsep mahasiswa dapat mengembangkan kemampuannya dalam pembelajaran matematika tersebut. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pendidikan matematika Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas 13 mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. Data dikumpulkan melalui tes tertulis tentang materi matematika sekolah menengah. Hasil analisis data diketahui bahwa sebaran kemampuan pemahaman matematis mahasiswa terdiri dari  kategori Baik seabanyak 62 %, kategori Cukup sebanyak 23%, dan kategori Rendah sebanyak 15%. Dilihat dari segi pencapaian indikator pemahaman matematis, dengan rincian; indikator 1 mencapai 85%, indikator 2 mencapai 77%, indikator 3 mencapai 62%, indikator 4 mencapai 77%, indikator 5 mencapai 92%, indikator 6 mencapai 38%.

Kata Kunci: Pemahaman Matematis, Pemahaman Konsep, dan Kemampuan Pemahaman


Full Text:

PDF

References


Nurkholis, “Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi”.Jurnal Kependidikan, 1 (1) September 2013, 24-25.

Patma Sopamena, Matematika dan Era Globalisasi, Ambon: FITL IAIN Ambon, 2018, 40.

Heris Hendriana, dkk, Hard Skills dan soft Skills Matematik Siswa, Bandung: PT Refika Aditama, 2018, 6.

Karunia Eka Lestari dkk, Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: PT Refika Aditama, 2017, 3.

Linda Septiani dan Heni Pujiastuti, “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Berdasarkan Gaya Kognitif”, Jurnal Media Pendidikan Matematika 8 (1) 2020, 29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.