STRATEGI PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG PEMUSTAKA DI MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KOTA MATARAM

Titin Agustina, Iwin Ardyawin

Abstract


Strategi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Kunjung Pemustaka di Masa Pandemi Covid-19 di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram. 2021. Tujuan yang ingin dicapai ada 2 yaitu; a) Untuk mengetahui bagaimana Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Kunjung di Masa Pandemi Covid-19; dan b) Mengetahui apa saja Kendala yang di hadapi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Kunjung di Masa Pandemi Covid-19. Metode yang digunakan pada laporan akhir ini adalah metode penelitian kualitatif. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu a) Observasi b) Interview atau Wawancara, c) Dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh peneliti dalam meningkatkan minat kunjung pemustaka di masa pandemi covid-19 di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram yaitu: a) Promosi perpustakaan; b) Pengadaan koleksi; c) Strategi menciptakan layanan prima; d) Kolaborasi dengan masyarakat kegiatan pengembangan koleksi di tokoh masyarakat; e) Penerapan protokol kesehatan. Akan tetapi mempunyai kendala yaitu anggaran yang masih kurang sarana dan prasarana dan lain sebagainya. Ahli IT yang masih belum ada, dan lokasi kurang strategis.

Kata Kunci: Strategi Perpustakaan, Minat Kunjung, dan Pemustaka


Full Text:

PDF

References


Basuki, Sulistyo, 2012. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Darmono, 2001. Upaya Meningkatkan Minat Kunjung Masyarakat ke Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Freddy, N. 2017. Pengaruh Soft Skill Staf Perpustakaan Terhadap Pelayanan Prima di Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadja Mada Yogyakarta: Universitas Gadja Mada Yogyakarta: Yogyakarta.

Habir. 2015. Pengaruh Layanan Perpustakaan Terhdap Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan STIKES Mega Rezky Makasa. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan.

Haerunnisah. 2020. Aktivitas Perpustakaan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Muhammdiyah Mataram: Mataram.

Irhammy, A. 2017. Strategi Perpustakaan Terhadap Peningkatanan Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan UIN Alauddin Makasar. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan.

Kemendagri. 2020. Penyakit Menular Dan Wabah Penyakit Covid-19: Jakarta.

Komalasari, R. 2014. Pengertian Perpustakaan dan Dasar-Dasar Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Gramedi Pustaka Utama.

Kurniati, I. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Jumlah Pengunjung di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah Mataram: Mataram.

Lasa. 2016. Manajemen Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Lasa. 2017. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Muhra Rauf, F.R. 2016. Strategi Promosi Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Barru. Univesitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Mustafa, B. 2012. Minat Baca dan Promosi Perpustakaan Sebagai Sarana Mendekatkan Kepada Masyarakat Pada Perpustakaan. Jakarta: Perennial.

Raditia M,R. 2020. Peran UPT Perpustakaan Universits Muhammadiah Mataram dalam Menghadapi Era New Normal. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah Mataram: Mataram.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendektan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. 2014. Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis dan Mudah di Pahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sujarweni, V. W. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumlati,2021. Pengantar Ilmu Perpustakaan Bahan Ajar Diklat Pengenalan Pengelolaan Perpustakaan. Lombok Barat: Perpustakaan Daerah Kabupaten Lombok Barat.

Sutarno, 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: IKAPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.