KENDALA-KENDALA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA COVID 19

Ainal Mardhiah

Abstract


Pandemi covid 19 yang terjadi pada akhir tahun 2019 membuat pemerintah harus mengeluarkan kebijakan lockdown,  belajar di rumah, bekerja di rumah,  beribadah di rumah, ini disebabkan hasil penelitian para ahli bahwa Virus covid 19 berbahaya bagi keselamatan manusia, dapat menyebabkan kematian, penularannya sangat cepat, oleh karena itu interaksi dengan sesama manusia di batasi, sebagian tempat lainnya dilarang. Dalam kondisi normal pembelajaran dilakukan langsung secara tatap muka, dalam keadaan pandemi covid 19, pembelajaran dilakukan secara online melalui jaringan internet. Berdasarkan masalah tersebut penulis ingin melihat kendala kendala pembelajaran dengan cara online pada Prodi PAI UIN Ar Raniry Banda Aceh. Dengan pertanyaan penelitian bagaimana kendala-kendala pembelajaran online pada masa covid 19. Bagaimana usaha-usaha dosen dalam menghadapi kendala kendala dalam pembelajaran online pada masa covid 19. Metodologi yang penulis gunakan adalah field reseach dan library research.  Populasi 120 orang mahasiswa,  dengan sampel semua populasi,  teknik pengambilan sampel purposive sampling, sampel yang diambil semua mahasiswa di ruang kuliah yang diasuh. Teknik pengambilan sampel dengan  wawancara lewat handphone dan whatshap karena lockdown susah ditemui karena sampel berdomisili di seluruh Aceh dan luar Aceh. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kendala kendala pembelajaran online adalah sulitnya jaringan internet karena sebagian besar mahasiswa tinggal di kampung atau tempat yang yang sulit jaringan internet.  Selain itu pada   umumnya orang tua mahasiswa ketika covid 19 mengalami krisis ekonomi, keluarga mereka kesusahan ekonomi untuk membeli kebutuhan hidup termasuk kesulitan uang (tidak ada uang) untuk membeli paket internet, covid 19 telah membuat orang tua mahasiswa susah mendapatkan pekerjaan, yang  sudah mendapat pekerjaan banyak yang di PHK, banyak usaha bangkrut karena covid 19. Kendala lainnya susah memahami materi yang di jelaskan lewat zoom atau Goeglemeet karena jaringan tidak bagus (putus-putus). Selain itu kendala pembelajaran on line adalah dosen mengajar tidak sesuai dengan roster perkuliahan yang diberikan oleh fakultas pada awal semester,  sebagian dosen mengajar sesuai dengan waktu yang  mereka sukai, sehingga menyulitkan mahasiswa yang tinggal terpencar di berbagai pelosok daerah,  terutama yang berada di tempat yang susah jaringan internet seperti di kampung,  dipedalaman daerah,  di gunung dan lainnya.


Keywords


Kendala, Pembelajaran, Online

Full Text:

PDF

References


Alex Sobur, Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Andi Prastowo, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD/MI. Jakarta: Prenadamedia Grup, 2015.

John M.Echols dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, edisi yang diperbaharui, Jakarta: PT. Gramedia Utama, 2014.

KOMPAS.com. Keterangan Pers Presiden Republik Indonesia, Istana Bogor, Jawa Barat, 15-3-2020

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo, 2009.

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2009.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, cet, ke 15. Jakarta: Remaja Rosda Karya, 2013.

Sudarwan Danim dan Khairil. Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sutrisno Hadi, Metodologi Reseach I. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGN, 1982.

Wina Sanjaya, Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenamedia Group, 2008.

Yunus Abidin, Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.