KEMUNCULAN PERILAKU AGRESIF PADA USIA REMAJA

Wanty Khaira

Abstract


Artikel ini membahas tentang salah satu perilaku negatif yang ditunjukkan remaja, yaitu perilaku agresif. Perilaku Agresif adalah suatu tindakan yang dilakukan secara sengaja pada individu lain sehingga mengakibatkan sakit fisik dan psikis pada individu lain. Bentuk perilaku agresif di kalangan remaja terdiri atas perilaku agresif fisik dan perilaku agresif verbal. Perilaku agresif fisik yang dominan adalah memukul dan melempar. Perilaku  agresif verbal umumnya berupa membantah, mengejek, dan mengucap kata-kata kasar. Sungguh pun demikian perilaku agresif yang umum terjadi adalah perilaku agresif verbal. Pemicu munculnya perilaku agresif di kalangan remaja secara internal adalah keyakinan normatif, amarah dan frustrasi. Sedangkan perilaku agresif secara eksternal dipicu oleh adanya provokasi dari orang lain, adanya kelompok geng sesama teman sebaya, orang tua yang bersikap keras dalam memecahkan suatu permasalahan, dan kurangnya komunikasi antara siswa dengan orang tua, serta guru. Sehingga memberi peluang yang sangat besar untuk siswa melakukan tindakan agresif.


Keywords


Perilaku Agresif; Usia Remaja

Full Text:

PDF

References


Agus Abdul Rahman, (2013), Psikologi Sosial (Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aan Setiyobudi, (2014), “Pengaruh Sikap Frustasi Terhadap Perilaku Agresif Terhadap Narapidana Remaja di Lapas Kelas IIB Banyuwangi”, Skripsi, Tidak Dipublikasikan. Jember: Universitas Muhammadiyah.

Badrun Susantyo, (2016). “Faktor-faktor Determinan Penyebab Perilaku Agresif Remaja di Permukiman Kumuh di Kota Bandung”. Jurnal Sosio Konsepsio, Vol. 6, No. 01.

Dwi Bakhtiar Agung J. (2012). “Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Agresivitas pada Remaja”. Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 1, No. 2.

Fatwa Tentama. (2012). “Perilaku Anak Agresif Assesmen dan Intervensinya”. Jurnal KES MAS Vol. 6, No. 2.

Fitri Hayati. (2016). “Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta Didik di Ma”. Jurnal Manajer Pendidikan, V. 10, No. 6.

Fitriana Pratiwi. (2014). “Menurunkan Perilaku Agresif Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Siswa Kelas VII E SMP Negeri 10 Salatiga”, Skripsi, Tidak Dipublikasikan Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Hafiz Hidayat, Dkk. (2013). “Profil Siswa Agresif dan Peranan Guru BK”. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1): 1.

I Nyoman Surna. (2014). Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga.

Imania Mafiroh. (2014). “Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Agresif Remaja pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri I Pleret”, Skripsi, tidak dipublikasikan Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Junia Trisnawati, dkk. (2014). “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Agresif Remaja di SMK Negeri 2 Pekanbaru”. Jom Psik, 1(2).

Jeanne Ellis Ormrod. (2018). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Laura A. King. (2014). Psikologi Umum (Sebuah Pandangan Apresiatif), Jakarta: Selemba Humanika.

Masri Hermi. (2011). “Perilaku Agresif Anak ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua di SMP 2 Labuhan Haji Barat”, Skripsi, tidak dipublikasikan (Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry.

Rifa Hidayah. (2009). Psikologi Pengasuhan Anak, Malang: UIN-Malang Press.

Rita L. Atkinson, dkk. (t.t.). Pengantar Psikologi I. Jakarta: Erlangga.

Sidaguna. (2017). Upaya Pengurangi Perilaku Agresif Verbal Melalui Bimbingan Kelompok, Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan dan Konseling.

Siti Khumaidatul Umaroh. (2017). “Agresivitas Siswa Ditinjau Berdasarkan Iklim Sekolah dan Keyakinan Normatif Mengenai Agresi”. Jurnal Ecopsy, 4(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susi Fitri, Dkk. (2016). “Gambaran Agresivitas pada Remaja Laki-Laki Siswa SMA Negeri di DKI Jakarta”. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2).

Yosi Restu, Yusri, (2013). “Studi Tentang Perilaku Agresif Siswa di Sekolah”, Jurnal Ilmiah Konseling.

Zhafarina. (2013). “Perilakau Agresif Remaja di Tinjau dari Konformitas Teman Sebaya, Fakultas Psikologi Universitas Semarang”. Jurnal Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.