PERKEMBANGAN MORAL DALAM PANDANGAN LAWRENCE KOHLBERG

Fatimah Ibda

Abstract


Lawrence Kohlberg berpandangan bahwa perkembangan moral pada masa kanak-kanak mengikuti kematangan kognisi. Perkembangan moral merupakan perkembangan yang berhubungan dengan bagaimana anak menalar (reasoning)  atau memikirkan aturan untuk perilaku etis. Kohlberg menyusun perkembangan penalaran moral dalam tiga tahapan umum moralitas. Pertama, penalaran moral prakonvensional yaitu penalaran moral dikontrol oleh lingkungan eksternal. Kedua, penalaran moral konvensional yaitu penalaran moral dibuat berdasarkan standar figur otoritas yang sudah terinternalisasikan, dan ketiga, penalaran moral pasca konvensional yaitu seseorang sudah mengikuti prinsip moral internal dan dapat memutuskan di antara standar moral yang berlawanan.


Keywords


Perkembangan moral, masa kanak-kanak, penalaran moral

Full Text:

PDF

References


Abin Syamsuddin Makmun, 2009, Psikologi Kependidikan, Bandung: Rosdakarya

Campbell, J., and Moyers, W., The Power of Myth with Bill Moyers, New York: Doubleday, 1988

C.Asri Budiningsih, 2008, Pembelajaran Moral, Jakarta: Rineka Cipta

Darmiyati Zuchdi, 2010, Humanisasi Pendidikan, Cetakan III, Jakarta: Bumi Aksara

Diane E. Papalian, Sally Wendkos Old, and Ruth Duskin Feldman, Human Development (Psikologi Perkembangan), Bagian I s/d IV, Jakarta: Kencana, 2008

Diane E. Papalian, Sally Wendkos Old, and Ruth Duskin Feldman, Human Development (Psikologi Perkembangan), Bagian V s/d IX, Jakarta: Kencana, 2008

Dien, D.S.F., A Chinese Perspective on Kohlberg’s Theory of Moral Development, Developmental Review, 2, 1982

Gielen, U., and Kelly, D., Buddhist Ladakh: Psychological Portrait of a Nonviolent Culture, Paper presented at the Annual Meeting of the Society for Cross-Cultural Research, Washington, DC., February, 1983

Helwig C., and Jasiobedzka U., The Relation Between Law and Morality: Children’s Reasoning about Socially Beneficial and Unjust Laws, Child Development, 72, 1382-1393

James Fowler, Stages of Faith: The Psychology of Human Development and The Quest for Meaning, New York: Harper and Row, 1981

John W. Santrock, Psikologi Pendidikan, Ed. Kedua, Jakarta: Kecana, 2007

Lawrence Kohlberg, Essays on Moral Development, San Francisco: Harper and Row, 1981

Lawrence Kohlberg, Stage and Sequence: The Cognitive-Developmental Approach to Socialization. In D.A. Goslin (Ed.)., Handbook of Socialization Theory and Research, Chicago: Rand McNally, 1969

Masganti, 2010, Perkembangan Peserta Didik, Medan: Perdana Publishing

Muhammad Ali, dkk., 2009, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: Pt. Imtima

Muhammad Asrori, 2009, Psikologi Pembelajaran, Bandung: CV. Wacana Prima

Wolf, M., The House of Lim, Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1968




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v12i1.19256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.