PERKEMBANGAN MORAL DALAM PANDANGAN LAWRENCE KOHLBERG
Abstract
Lawrence Kohlberg berpandangan bahwa perkembangan moral pada masa kanak-kanak mengikuti kematangan kognisi. Perkembangan moral merupakan perkembangan yang berhubungan dengan bagaimana anak menalar (reasoning) atau memikirkan aturan untuk perilaku etis. Kohlberg menyusun perkembangan penalaran moral dalam tiga tahapan umum moralitas. Pertama, penalaran moral prakonvensional yaitu penalaran moral dikontrol oleh lingkungan eksternal. Kedua, penalaran moral konvensional yaitu penalaran moral dibuat berdasarkan standar figur otoritas yang sudah terinternalisasikan, dan ketiga, penalaran moral pasca konvensional yaitu seseorang sudah mengikuti prinsip moral internal dan dapat memutuskan di antara standar moral yang berlawanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abin Syamsuddin Makmun, 2009, Psikologi Kependidikan, Bandung: Rosdakarya
Campbell, J., and Moyers, W., The Power of Myth with Bill Moyers, New York: Doubleday, 1988
C.Asri Budiningsih, 2008, Pembelajaran Moral, Jakarta: Rineka Cipta
Darmiyati Zuchdi, 2010, Humanisasi Pendidikan, Cetakan III, Jakarta: Bumi Aksara
Diane E. Papalian, Sally Wendkos Old, and Ruth Duskin Feldman, Human Development (Psikologi Perkembangan), Bagian I s/d IV, Jakarta: Kencana, 2008
Diane E. Papalian, Sally Wendkos Old, and Ruth Duskin Feldman, Human Development (Psikologi Perkembangan), Bagian V s/d IX, Jakarta: Kencana, 2008
Dien, D.S.F., A Chinese Perspective on Kohlberg’s Theory of Moral Development, Developmental Review, 2, 1982
Gielen, U., and Kelly, D., Buddhist Ladakh: Psychological Portrait of a Nonviolent Culture, Paper presented at the Annual Meeting of the Society for Cross-Cultural Research, Washington, DC., February, 1983
Helwig C., and Jasiobedzka U., The Relation Between Law and Morality: Children’s Reasoning about Socially Beneficial and Unjust Laws, Child Development, 72, 1382-1393
James Fowler, Stages of Faith: The Psychology of Human Development and The Quest for Meaning, New York: Harper and Row, 1981
John W. Santrock, Psikologi Pendidikan, Ed. Kedua, Jakarta: Kecana, 2007
Lawrence Kohlberg, Essays on Moral Development, San Francisco: Harper and Row, 1981
Lawrence Kohlberg, Stage and Sequence: The Cognitive-Developmental Approach to Socialization. In D.A. Goslin (Ed.)., Handbook of Socialization Theory and Research, Chicago: Rand McNally, 1969
Masganti, 2010, Perkembangan Peserta Didik, Medan: Perdana Publishing
Muhammad Ali, dkk., 2009, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: Pt. Imtima
Muhammad Asrori, 2009, Psikologi Pembelajaran, Bandung: CV. Wacana Prima
Wolf, M., The House of Lim, Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1968
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v12i1.19256
Refbacks
- There are currently no refbacks.