PENGELOLAAN PENDIDIKAN PADA PONDOK PESANTREN

Juanis Juanis

Abstract


Sekolah keagamaan tertua di Indonesia adalah pesantren. Kebanyakan pesantren di Nusantara dikenal dengan model sistem pendidikan berbasis tradisi, dan keberadaannya memainkan peran penting dalam dinamika sejarah dan perkembangan peradaban bangsa. Di sisi lain, arus ini berkembang menjadi ideologi dan prinsip yang seharusnya membuatnya unik. Sebaliknya, progresifitas dalam berbagai aspek menjadi penting untuk memenuhi tuntutan kemanusiaan yang semakin meningkat, serta untuk mempersiapkan warga pesantren untuk bersaing di dunia internasional. Karena itu, untuk alasan kedua, pesantren memerlukan manajemen pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman dan berfungsi sebagai sarana untuk mencapai visi "al-muhafadzah 'ala al-qadim al-shalih wal-akhdzu bi al-jadid al-ashlah." Artikel ini membahas berbagai cara pesantren dapat membantu membentuk karakter bangsa dan menjawab tantangan dan perkembangan zaman. Manajemen tersebut meliputi optimalisasi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta sistem pelaksanaan sistem pendidikan pesantren.

Keywords


Manajemen, Pendidikan Pesantren, Perencanaan, Pengelolaan

Full Text:

PDF

References


A. Malik Fadjar dkk., Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia, 1999.

Abdul A’la, Pembaruan Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2006.

Abdul Halim Soebahar, Modernisasi Pesantren; Studi Transformasi Kepemimpinan Kyai dan Sistem Pendidikan Pesantren. Yogyakarta: LKiS, 2013.

Abdurrahman Wahid, Menggerakkan Tradisi; Esai-Esai Pesantren. Yogyakarta: LKiS, 2001.

_____, Bunga Rampai Pesanren, Jakarta: Dharma Bakti, 1999.

Ali Maschan Moesa, Nasionalisme Kyai: Konstruksi Sosial Berbasis Agama, Yogyakarta: LKiS, 2007.

Bahan Pelatihan, Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, Jakarta: Kemendiknas Balitbang, 2010.

Diding Nurdin, “Manajemen Pendidikan”, dalam Djudju Sudjana dkk, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Jakarta: Grasindo, 2007. Djam’an Satori, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Bandung: Alfabeta, 2000.

Endang Turmudi, “Pendidikan Islam Setelah Seabad Kebangkitan Nasional” dalam Jurnal Masyarakat Indonesia Majalah Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, Jilid XXXIV No. 2, 2008.

_____, Perselingkuhan Kyai dan Kekuasaan, Yogyakarta: LKiS, 2004.

_____, dan Riza Sihbudi (ed.), Islam dan Radikalisme di Indonesia, Jakarta: LIPI Press, 2005.

Ensiklopedi Ekonomi Bisnis dan Manajemen Vol. 1, Jakarta: Cipta Adi Pustaka, 1992. H.A.R. Tilaar, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional, Magelang: Tera Indonesia, 1998.

Hadari Nawawi, Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.

Imma Helianti Kusuma, Manajemen Pendidikan di Era Reformasi, Jakarta: Jurnal Pedidikan Penabur, 2006.

Lee Oey Liang. Manajemen, Yogyakarta: Balai Pustaka, 1987.

M. Manullang, Dasar-dasar Manajemen, Jakarta: Galia Indonesia, 1993.

Marihot Tua Efendi Hariandja, Manajemen Sumber Daya Manusia Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai, Jakarta: Grasindo, 2002.

Moh. Roqib, Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah Keluarga dan Masyarakat, Yogyakarta: LKiS, 2009.

Muradi (ed.), Penataan Kebijakan Keamanan Nasional, Jakarta: Dian Cipta, 2013.

Nana Syaodih Sukmadinata, “Kurikulum dan Pembelajaran”, dalam Djudju Sudjana dkk, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Jakarta: Grasindo, 2007.

Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Pesantren, Pendidikan Kewargaan, dan Demokrasi, Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI, 2009.

Rafiq A. dkk., Pemberdayaan Pesantren: Menuju Kemandirian da Profesionalisme Santri dengan Metode Daurah Kebudayaan, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2005.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Muli, 2002.

S. Wirosardjono, “Pesantren and The Role of Islam in Indonesia”, dalam Manfred Oepen and Wolfgang Karcher, The Impace of Pesantren in Education and Community Development in Indonesia, Jakarta: P3m, 1998.

Thomas S. Bateman dan Scott A. Snell, Manajemen, Edisi 7 Buku 1, Terj. Chriswan Sungkono dan Ali Akbar Yulianto. Jakarta: Salemba Empat, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.