Validitas dan Reabilitas Instrumen Korelasi Antara Intensitas Membaca Al-Qur’an dan Sikap Religius Mahasiswa

Muslim Djuned, Nurmayuli Nurmayuli, Annisah Maghfirah

Abstract


Research on the correlation between the intensity of reading the Qur'an and the religious attitude of students requires valid and reliable instruments to measure these two variables. Instrument validity and reliability are important aspects in ensuring the validity of the data obtained. This study aims to prove the validity and reliability of the instrument correlating the intensity of reading the Qur'an and the religious attitude of students. This research uses quantitative methods. The population in this study consisted of students of the Al-Qur'an Science and Tafsir Study Program of UIN Ar-Raniry with a sample size of 30 students selected by simple random sampling. The results of the study prove that the instrument of the correlation of the intensity of reading the Qur'an and the religious attitude of students has sufficient validity and reliability to be used in measuring the correlation of the intensity of reading the Qur'an and the religious attitude of students.


Keywords


Validity and Reliability, Qur’an Reading Intensity, Religious Attitude

Full Text:

PDF

References


Aji, T. S. S. (2015). Pengaruh Visibility, Credibility, Attraction dan Power pada Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas “adizero F50” di Purworejo. SEGMEN: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 11(1).

Amir, M. T. (2017). Merancang kuesioner: Konsep dan panduan untuk penelitian sikap, kepribadian, dan perilaku. Prenada Media.

Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan, sikap dan perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020.

Dwi, R. (2020). Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Di SMP IT IQRA’Kota Bengkulu. (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU)

.

Fuada, S. (2019). Pengujian validitas alat peraga pembangkit sinyal (oscillator) untuk pembelajaran workshop instrumentasi industri. In Seminar Nasional Pendidikan 2015, 854–861.

Ginting, O. D. (2020). Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa MAS Ta’dib Al-Syakirin Medan. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Haniah, F., Annisa, M., & Kartini, K. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Benda dan Sifatnya Kelas V SDN 010 Tarakan. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 29–46.

Hanun, F. (2023). Pengaruh Intensitas Membaca Dan Mendengarkan Al-Qur’an Terhadap Penurunan Academic Anxiety Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Hayati, S., & Lailatussaadah, L. (2016). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengetahuan Pembelajaran Aktif, Kreatif Dan Menyenangkan (Pakem) Menggunakan Model Rasch. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(2), 169. https://doi.org/10.22373/jid.v16i2.593

Hidayat, W. (2018). Intensitas Membaca Al Qur’an Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Sosial Remaja Di Kelurahan Mijen Kota Semarang. FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

Imelda, A. (2018). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227–247.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021a). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021b). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.

Laksmiari, N. P. P. (2019). Pengaruh motivasi kerja terhadap produktivitas kerja karyawan pada perusahaan teh bunga teratai di Desa Patemon Kecamatan Serrit. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 54–63.

Melati, F. A. (2023). Hubungan Antara Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder Dengan Kecemasan Tidak Menggunakan Make-Up Pada Mahasiswi Di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG).

Mutiarawati, Hanjany Indy, & D. A. S. (2023). Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Sikap Religius Pada Siswa di SMK Negeri 7 Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Madala Education, 9(3), 1814–1824.

Nurmayuli, N., & Arifin, Z. (2024). Management Information System; A Systematic Literatur Review. Desultanah-Journal Education and Social Science, 2(1), 24–44.

Nurmayuli. (2023). Development of an Islamic Education Management Philosophy e- Module through the Canva Application. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 9(01), 97–108.

https://doi.org/10.32678/tarbawi.v9i01.7963.INTRODUCTION

Nurmayuli, N. (2019). Hubungan Antara Supervisi Kepala Sekolah Dan Kopetensi Pedagogik Guru Msdrasah Ibtidaiyah Se-Kota Lhokseumawe. Jurnal Penelitian Sosial Agama, 4(1), 119–145.

Octavia, N., Hayati, K., & Karim, M. (2020). Pengaruh Kepribadian, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBM), 130–144.

Putri, R. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Bengkulu. PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU 2021 M/1442 H.

Saputra, A. (2020). CAMI: Aplikasi Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas dan reliabilitas terhadap instrumen kepuasan kerja. Aliansi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2).

Sugiono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D / Sugiyono. Alfabeta.

Suryadi, B., & Hayat, B. (2021). Religiusitas Konsep, Pengukuran, dan Implementasi di Indonesia. In Bibliosmia Karya Indonesia.

Suwartono, C., & Moningka, C. (2017). Pengujian Validitas Dan Reliabilitas Skala Identitas Sosial. Humanitas, 14(2), 176–188. https://doi.org/10.26555/humanitas.v14i2.6967

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.