Pandangan Filsafat Pendidikan Islam Terhadap Manusia, Masyarakat dan lingkungan

Fitriani Fitriani

Abstract


Filsafat Pendidikan Islam adalah induk dari segala pengetahuan yang berkembang sejak zaman yunani kuno sampai zaman modern. Adapun pandangan filsafat pendidikan Islam terhadap manusia adalah sesuai dengan masa perkembangannya karena proses pendidikan dalam prinsip pandangan Islam bersifat tarbiyah artinya sesuai dengan tabiathidup manusia. Didalam alqur’an ada tiga konsep tentang makna manusia yaitu al-Basyar,al-Insan,An-Nas. Konsep Pertama yaitu al-Basyar,manusia tidak boleh jauh berbeda dengan makhluk biologis lainny. Dengan demikian kehidupan manusia terikat dengan kaidah-kaidah prinsip kehidupan biologis lainnya seperti berkembang biak, mengalami fase  pertumbuhan dalam mencapai tingkat kematangan serta kedewasaan.Konsep yang kedua yaitu al-Insan yang digunakan dalam al-qur,an untuk menunjukkan totalitas manusia sebagai makhluk jasmani dan rohani. Harmonisasi kedua aspek tersebut dengan berbagai potensi yang dimilikinya dapat mengandalkan manusia sebagai makhluk Allah yang unik dan Istimewa. Konsep yang ketiga yaitu manusia diciptakan sebagai makhluk bermasyarakat berawal dari pasangan laki-laki dan perempuan kemudian berkembang menjadi suku dan bangsa untuk saling kenal mengenal.Kemudian pandangan filsafat Islamterhadap masyarakat yaitu sudah jelas bahwa Islam telah mengatur berbagai hal begitu juga pendidikan dengan segala aspeknya.Pendidikan Islam sangat berperan penting untuk menetapkan nasib sebuah masyarakat karena al-Qur’an sejak mula diturunkan bertujuan untuk membimbing masyarakat kepada kebenaran. Selanjutnya pandangan filsafat pendidikan Islam terhadap lingkungan yaitu harus bersikap aktif memanfaatkannya seperti tanah, air, udara, dan sebagainya.


Keywords


Filsafat Pendidikan Islam, Manusia, Masyarakat, Lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Al-Quranul Karim

E-learning Gunadarma.ac.id, Pdf Bab X Agama dan Masyarakat, Pendidikan Agama Islam, Jalaluddin & Usman Said, Filsafat Pendidikan Islam: konsep dan Perkembangan Pemikirannya, PT Raja Grafindo Persada: Jakarta, 1994.

Hasan Langgulung. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. (Al- Ma’arif: Bandung), 1980.

M. Quraish Shihab,”Membumikan” Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Penerbit Mizan: Bandung, 1992.

Sahrodi, Jamali. Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: CV. Arvino Raya, 2011.

Tim Penulis Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besa Bahasa Indonesia Depdikbud, Ed. II., Balai Pustaka: Jakarta, 1994.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.