Kepemimpinan Pendidikan dalam Islam

Muhammad Ichsan Thaib

Abstract


Berbicara tentang kepemimpinan pendidikan dalam Islam, kita tidak bisa melepaskan diri pada mengikuti jejak Rasulullah Muhammad Saw yang merupakan pemimpin bagi umat manusia. Kepemimpinan adalah suatu kekuatan yang menggerakkan perjuangan atau kegiatan seseorang menuju sukses. Sedangkan pendidikan diartikan sebagai sebuah proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam kehidupan masyarakat Islam saat ini banyak yang telah melupakan dan meninggalkan unsur kepemimpinan pendidikan yang pernah ditinggalkan oleh Rasulullah kepada umatnya. Padahal apabila benar-benar diaplikasikan dalam kehidupan maka akan melahirkan pemimpin yang bijaksana dan senantiasa melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya. Sebagai seorang pemimpin yang patut diteladani dan dapat dijadikan model ideal bagi kepemimpinan umat, Rasulullah dikaruniai empat sifat utama, yaitu: Sidiq, Amanah, Tablig dan Fathonah. Sidiq berarti jujur dalam perkataan dan perbuatan, amanah berarti dapat dipercaya dalam menjaga tanggung jawab, Tablig berarti menyampaikan segala macam kebaikan kepada rakyatnya dan fathonah berarti cerdas dalam mengelola masyarakat.


Keywords


Kepemimpinan, Pendidikan, Islam

Full Text:

PDF

References


Abbas, Syahrizal, Manajemen Perguruan Tinggi, Cet. I, Jakarta: Prenada Media, 2008.

Al-Qur’an dan Terjamahannya,

Jamaluddin Idris, Manajerial dan Manajemen, Cet. I, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2013.

K. Davies, Ivor, Pengelolaan Belajar, Penerj. Sudarsono Sudirdjo dkk, Cet. II, Jakarta: Rajawali dan Pusat antar Universitas, 1991.

Muhibbinsyah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Edisi Revisi, Cet. XV, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. II, Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Syafaruddin dan Nasution, Irwan, Manajemen Pembelajaran, Cet. I, Ciputat: Quantum Teaching, 2005.

Wahjosumidjo, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya, Cet. V, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

https://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/01/20/teori-teori-kepemimpinan/

http://ekoif.weebly.com/teori-kepemimpinan.html.

https://jurnalalishlah.wordpress.com/2014/09/06/konsep-kepemimpinan-dalam-islam/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.