BLENDED LEARNING BERBASIS BIMBEL ONLINE “RUANGGURU” DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MAN 1 ACEH BESAR
Abstract
Proses pembelajaran di kelas secara tatap muka mulai kehilangan daya
tariknya di era 21 ini. Untuk mengakomodasi perkembangan teknologi tanpa harus meninggalkan pembelajaran secara tatap muka, blended learning dapat menjadi solusinya. Blended learning adalah model yang mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran e-learning. Rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah model pembelajaran blended learning berbasis bimbel online “RuangGuru ” dapat
meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika peserta didik MAN 1 Aceh Besar?”. Subjek kegiatan pembelajaran ini adalah seluruh peserta didik kelas XII MIA di MAN 1 Aceh Besar yang berjumlah 83 orang, terdiri dari 66 peserta didik perempuan dan 17 laki-laki. Sedangkan yang menjadi objek tindakan adalah kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik. Kesimpulan dari penulisan ini adalah pembelajaranblended learning berbasis bimbel online “RuangGuru ” dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika peserta didik MAN
1 Aceh Besar. Kemandirian belajar yang dimaksud terletak pada aspek strategi, motivasi, dan aspek perencanaan dalam pembelajaran. Peserta didik juga sangat antusias dengan pembelajaran blended learning berbasis bimbel online “Ruang Guru ”.
tariknya di era 21 ini. Untuk mengakomodasi perkembangan teknologi tanpa harus meninggalkan pembelajaran secara tatap muka, blended learning dapat menjadi solusinya. Blended learning adalah model yang mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran e-learning. Rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah model pembelajaran blended learning berbasis bimbel online “RuangGuru ” dapat
meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika peserta didik MAN 1 Aceh Besar?”. Subjek kegiatan pembelajaran ini adalah seluruh peserta didik kelas XII MIA di MAN 1 Aceh Besar yang berjumlah 83 orang, terdiri dari 66 peserta didik perempuan dan 17 laki-laki. Sedangkan yang menjadi objek tindakan adalah kemandirian belajar dan hasil belajar peserta didik. Kesimpulan dari penulisan ini adalah pembelajaranblended learning berbasis bimbel online “RuangGuru ” dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar matematika peserta didik MAN
1 Aceh Besar. Kemandirian belajar yang dimaksud terletak pada aspek strategi, motivasi, dan aspek perencanaan dalam pembelajaran. Peserta didik juga sangat antusias dengan pembelajaran blended learning berbasis bimbel online “Ruang Guru ”.
Keywords
BLENDED LEARNING, KEMANDIRIAN BELAJAR, HASIL BELAJAR
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A dan Supriyono, W. (2014). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemalik. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. PT Bumi Aksara: Jakarta.
Husama. (2013). Proses Belajar Mandiri. Bandung: Alfabeta
Husama. (2014). Blended Learning Alternatif Model Pembelajaran Jarak Jauh Di Indonesia. Yogyakarta: SEAMEO.
Mudjiman, H. (2017). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS PRESS
Poerwadarminta (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Bahasa
Purwanto, M. N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sari, A.R. (2013). Blended Learning Ditengah Masyarakat Era Digital. Jurnal
Pendidikan Akutansi, 34.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/ji.v7i01.9919
Refbacks
- There are currently no refbacks.