Page Header

  • Publication Ethics
  • Author Guidelines
  • Open Access Policy
  • Peer Review Process
  • Online Submissions
  • Publication Fees
  • Abstracting & Indexing
  • Journal Statistics
  • Accreditation
  • Contact
User

CITATION ANALYSIS

SCImago Journal & Country Rank

JIIF Article Guidelines and Template

JIIF Article Guidelines

 

 English template

Arabic template

Journal Content

Browse
  • By Issue
  • By Author
  • By Title
  • Other Journals
Open Journal Systems
Journal Help
Font Size

Keywords Aceh Corruption Covid-19 Criminal Law Education Fiqh Holy Qur’an Ijtihad Indonesia Indonesian Islam Inheritance Islam Islamic Education Islamic Law Islamic Studies Religion Religious Authority Umat contestation storytelling tolerance
Notifications
  • View
  • Subscribe
Information
  • For Readers
  • For Authors
  • For Librarians

View My Stats

Free counters!

 

  • Home
  • About
  • Login
  • Register
  • Search
  • Current
  • Archives
  • Announcements
  • EDITORIAL BOARD
  • REVIEWERS
  • FOCUS AND SCOPE
Home > Vol 7, No 1 (2008) > Rajak

PEMBELAJARAN BAHASA ASING DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Abd. Rajak

Abstract


Metode pengajaran bahasa merupakan faktor penting untuk mencapai kesuksesan suatu pelajaran. Sukses tidaknya suatu program pengajaran bahasa sangat ditentukan metode yang digunakan oleh guru, karena secara psikologi, pelajaran akan menarik dan mudah dipahami siswa, jika guru mengunakan metode yang tepat dalam mengajar, kesalahan memilih metode menyebabkan siswa bosan terhadap pelajaran. Setiap melaksanakan aktivitas pengajaran, guru sering dihadapkan dengan suasana baru yang menuntut metode yang baru juga. Untuk mencari metode yang tepat dalam pengajaran bahasa, guru harus mengetahui tujuan pengajaran bahasa itu sendiri, kedudukan bahasa dalam kurikulum, waktu yang disediakan untuk mengajar, latar belakang siswa, pengalaman guru dalam mengajar dan tingkat penguasaan bahasa siswa serta guru perlu mengetahui kesukaran-kesukaran dalam bahasa dan usaha yang perlu ditempuh untuk menggunakan metode mengajar yang relevan. Metode yang tepat digunakan pada sekolah dasar dan menengah adalah metode sam’iyyah wa safawiyah (audio lingual method), dan an-nazariah Wahdah (audio lingual method). Untuk tingkatan lanjutan digunakan metode al-mubasyarah dan al-Qawa’id wa al-Tarjamah, (Grammar Translation Method).


Keywords


Metode Mengajar; Bahasa Arab; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Ahmad Syalaby, Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah, Surabaya: Toko Kitab Salim Nabhan,1973.

Akrom Malibari, A., Pengajarn Bahasa Arab di Madrasah Aliyah, Tinjauan Metodologi Sekilas, Jakarta: Bulan Bintang, 1987.

Chalidjah Hasan, Dimensi-Dimensi Psikologi, Surabaya: al-Ikhlas, 1994.

Departemen Agama, Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama/IAIN , Jakarta: Proyek Bimbaga Islam, 1974.

Hidayat, “Musykilat Fi Tadris Al-Luqhah Al-‘Arabiyyah Fi Indonisiya” dalam buku al- Nawjih Fi Ta’lim al-Luqhah al-‘Arabiyah li qhoiri al-Natiqina Biha, Jakarta: Qism Ta‟hil Al-Mu‟alimin, 1988.

Luwis Ma„luf, Al-Munjid fi al-Lughah wa al-A‘lam, Cetakan XXVI, Beirut: al-Masriq, t.t.

Mahmud Yunus, Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Yayasan Penyelenggara

Penterjemah al-Qur‟an, 1972.

Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.

Muljanto Sumardi, Pengajaran Bahasa Asing, Sebuah tinjauan dari segi metodologi, Jakarta: Bulan Bintang, 1994.

Muljanto Sumardi, Pengajaran Bahasa Asing (Suatu Tinjauan Dari Segi Metodelogi) ,Jakarta: Bulan Bintang, 1974.

Nana Sudjana, dkk., Pedoman Praktis Mengajar, Merencanakan dan Melaksanakan Pengajaran, Jakarta: Seri B, Ditjen Binbaga Islam Depag RI,1982/1983.

Nurcholis Madjid, ”Metodologi dan Orientasi Studi Islam Masa Depan”, Jurnal Jauhar, Jakarta: Jurnal Pemikiran Islam Kontektual, Vol 1, No. 1 Desember 2000.

Omar Muhammad al-Tumy al-Syaibany, al-Falsafah al-Tarbiyyah al-Islamiyyah, terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Ramayulis, Metodik khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam mulia, 1994.

Soegarda Poerwakatja, Ensiklopedia Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung, 1982.

Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Grafindo Persada, 1997.

Tayar Yusuf, dkk., Metode Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Rajawali Press, 1997.

Winarno Surakhmad, Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito, 1998

Wojowasito, S., Tito Wasito W, Kamus Lengkap Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris, Bandung: hasta, 1980.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v7i1.3053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Welcome to Jurnal Ilmiah Islam Futura (JIIF) open journal system. Thank you very much for visiting. We are looking forward to getting your research articles

        

Jurnal Ilmiah Islam Futura

All works are licensed under CC-BY

©Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with the Postgraduate Program of UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.