Metode pengajaran bahasa merupakan faktor penting untuk mencapai kesuksesan suatu pelajaran. Sukses tidaknya suatu program pengajaran bahasa sangat ditentukan metode yang digunakan oleh guru, karena secara psikologi, pelajaran akan menarik dan mudah dipahami siswa, jika guru mengunakan metode yang tepat dalam mengajar, kesalahan memilih metode menyebabkan siswa bosan terhadap pelajaran. Setiap melaksanakan aktivitas pengajaran, guru sering dihadapkan dengan suasana baru yang menuntut metode yang baru juga. Untuk mencari metode yang tepat dalam pengajaran bahasa, guru harus mengetahui tujuan pengajaran bahasa itu sendiri, kedudukan bahasa dalam kurikulum, waktu yang disediakan untuk mengajar, latar belakang siswa, pengalaman guru dalam mengajar dan tingkat penguasaan bahasa siswa serta guru perlu mengetahui kesukaran-kesukaran dalam bahasa dan usaha yang perlu ditempuh untuk menggunakan metode mengajar yang relevan. Metode yang tepat digunakan pada sekolah dasar dan menengah adalah metode sam’iyyah wa safawiyah (audio lingual method), dan an-nazariah Wahdah (audio lingual method). Untuk tingkatan lanjutan digunakan metode al-mubasyarah dan al-Qawa’id wa al-Tarjamah, (Grammar Translation Method).
Ahmad Syalaby, Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah, Surabaya: Toko Kitab Salim Nabhan,1973.
Akrom Malibari, A., Pengajarn Bahasa Arab di Madrasah Aliyah, Tinjauan Metodologi Sekilas, Jakarta: Bulan Bintang, 1987.
Chalidjah Hasan, Dimensi-Dimensi Psikologi, Surabaya: al-Ikhlas, 1994.
Departemen Agama, Pedoman Pengajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Agama/IAIN , Jakarta: Proyek Bimbaga Islam, 1974.
Hidayat, “Musykilat Fi Tadris Al-Luqhah Al-‘Arabiyyah Fi Indonisiya” dalam buku al- Nawjih Fi Ta’lim al-Luqhah al-‘Arabiyah li qhoiri al-Natiqina Biha, Jakarta: Qism Ta‟hil Al-Mu‟alimin, 1988.
Luwis Ma„luf, Al-Munjid fi al-Lughah wa al-A‘lam, Cetakan XXVI, Beirut: al-Masriq, t.t.
Mahmud Yunus, Kamus Arab Indonesia, Jakarta: Yayasan Penyelenggara
Penterjemah al-Qur‟an, 1972.
Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.
Muljanto Sumardi, Pengajaran Bahasa Asing, Sebuah tinjauan dari segi metodologi, Jakarta: Bulan Bintang, 1994.
Muljanto Sumardi, Pengajaran Bahasa Asing (Suatu Tinjauan Dari Segi Metodelogi) ,Jakarta: Bulan Bintang, 1974.
Nana Sudjana, dkk., Pedoman Praktis Mengajar, Merencanakan dan Melaksanakan Pengajaran, Jakarta: Seri B, Ditjen Binbaga Islam Depag RI,1982/1983.
Nurcholis Madjid, ”Metodologi dan Orientasi Studi Islam Masa Depan”, Jurnal Jauhar, Jakarta: Jurnal Pemikiran Islam Kontektual, Vol 1, No. 1 Desember 2000.
Omar Muhammad al-Tumy al-Syaibany, al-Falsafah al-Tarbiyyah al-Islamiyyah, terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Ramayulis, Metodik khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam mulia, 1994.
Soegarda Poerwakatja, Ensiklopedia Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung, 1982.
Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Grafindo Persada, 1997.
Tayar Yusuf, dkk., Metode Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Rajawali Press, 1997.
Winarno Surakhmad, Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito, 1998
Wojowasito, S., Tito Wasito W, Kamus Lengkap Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris, Bandung: hasta, 1980.
Welcome to Jurnal Ilmiah Islam Futura (JIIF) open journal system. Thank you very much for visiting. We are looking forward to getting your research articles
Jurnal Ilmiah Islam Futura
All works are licensed under CC-BY
©Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with the Postgraduate Program of UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.