Hadis-Hadis Hukum yang Kontra Pembaruan Al-Qur’an: Tinjauan Pola Pemahaman Mu’abbad dan Mu’aqqat

Ali Abubakar

Abstract


Artikel ini ditulis untuk menjawab pertanyaan bagaimana pola pemahaman ulama terhadap hadis-hadis yang tampak kontra dengan semangat al-Qur‟an dan bagaimana alternatif pola pemahaman terhadap hadis-hadis tersebut sehingga produk fikih yang dihasilkan serasi dengan semangat al-Qur‟an? Ini dilakukan mengingat ada ketidaksinkronan antara sebagian teks-teks hadis hukum dengan semangat umum al-Qur‟an. Penelitian ini menggunakan kerangka teori yang mengatagorikan hadis menjadi dua, yaitu mu‟abbad (berlaku universal dan abadi) dan mu‟aqqat (berlaku hanya untuk masa dan kondisi tertentu). Kesimpulannya, ulama mazhab cenderung memahami hadis-hadis yang tampak bertentangan dengan al-Qur‟an hadis-hadis tasyrīʻiyyah dengan pola pemahaman lafẓiyyah; menganggapnya sebagai hadis-hadis mu‟abbad yang berlaku universal, lintas waktu dan tempat, dan berlaku ketat. Dengan pendekatan asbāb al-nuzūl dan asbāb al-wurūd al-ḥadīts dalam makna yang luas—sejarah sosial hukum Islam, ditemukan bahwa hadis-hadis yang tampak bertentangan dengan al-Qur‟an tersebut harus dipahami berlaku berbatas waktu atau pada masa Nabi Muhammad hidup di Semenanjung Arabia abad ke-7 Masehi. Dengan demikian, hadis-hadis tersebut dikategorikan kepada hadis-hadis mu‟aqqat, yang berlaku temporal; hanya pada masa, kondisi sosial masyarakat pada atau yang sama dengan di Semenanjung Arabia pada abad ke-7 Masehi.

Keywords


mu'abbad; mu'aqqat; semangat al-Qur'an, hadits

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz Dahlan (ed.), dkk., Ensiklopedi Hukum Islam, Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve, 2006.

Abu Daud, Sunan Abī Dāwud, Beirut: Dar Ibn Hazmen, 1418H/1997 M.

Al Yasa Abubakar, Ahli Waris Sepertalian Darah: Kajian Perbandingan terhadap Penalaran Hazairin dan Penalaran Fikih Mazhab, Jakarta: INIS, 1998.

Ali al-Sabuni, Muhammad., Pembagian Waris menurut Islam, terj. A.M. Basamalah, Jakarta: Gema Insani, 1995.

Asyhari Abta dan Djunaidi Abd. Syukur, Ilmu Waris al-Faraidl. Surabaya: Pustaka Hikmah Perdana, 2005.

Bukhari, al-, al-Jāmi‟ al-Ṣāḥih, Kairo: al-Matba‟ah asSalafiyyah, 1400 H.

Dahlawī, Syah Waliyullāh al-, Hujjatullāh al-Bālighah, Beirut: Dār al-Jīl, 2005.

Daniel W Brown, Menyoal Relevansi Sunnah dalam Islam Modern, terj. Jaziar Radianti dan Entin Sriani Muslim, Bandung: Mizan, 2000.

Darimi, al-, Sunan al-Dārimī, juz I, Riyad: Dar al-Mughni li an-Nasyr wa at-Tawzi‟, 1421 H/2000 M.

Fatchur Rahman, Ilmu Waris, cet. III, Bandung: Al-Ma`arif, 1994.

Fazlur Rahman, Membuka Pintu Ijtihad, terj. Anas Mahyuddin, Jakarta: Pustaka, 1983.

Ibn „Asyur, al-Tahir, Maqāṣid asy-Syarī‟ah al-Islāmiyyah, Kairo: Dar as-Salam, 2005.

Ibnu „Arabī, Abū Bakr Muḥammad bin ʻAbdullāh, Aḥkām alQur‟ān, Beirut: Dār al-Kutub al-„Ilmiyyah, t.t.

Ibnu „Asyūr, Muḥammad al-Ṭāhir, Maqāṣid al-Syarīʻah alIslāmiyyah, Kairo: Dār al-Salām, t.t.

Ibnu „Ᾱbidīn, Radd al-Muḥtār „alā al-Durr al-Mukhtār, juz IV, Beirut: Dār al-Fikr, 2000.

Ibnu Majah, Sunan Ibn Mājah, di-tahqiq oleh Muhammad Fuad Abdul Baqi, t.tp.: Dar al-Ihya‟ al-Kutub al-„Arabiyyah, t.th.

Ibnu Manẓūr, Lisān al-„Arab, t.tp.: Dār al-Maʻārif, t.t.

Ibnu Qutaybah, Ta‟wīl Mukhtalif al-ḥadis, Beirut: Dar al-fikr, 1995.

Ibnu Rusyd, Abū al-Walīd Muḥammad bin Aḥmad bin Rusyd al-Qurṭubī al-Andalusī, Syarḥ Bidāyah al-Mujtahid wa Nihāyah al-Muqtaṣid, jilid IV, cet. I, Kairo: Dār al-Salām, 1416 H/1995 M.

Jaṣṣāṣ, Abū Bakr Aḥmad bin ʻAlī al-Rāzī al-, Aḥkām alQur‟ān, Beirut: Dār Ihya‟ al-Turāth al-„Arabī, 1412H/1992 M.

Malik bin Anas, al-Muwaṭṭa‟, riwayat Yahya bin Yahya alLaysi al-Andalusi, cet. II, Beirut: Dar al-Gharbi al-Islami, 1417 H/1997 M.

Mālik bin Anas, Mawsūʻah Syurūḥ al-Muwaṭṭa‟; Abū ʻUmar Yūsuf bin ʻAbdullāh bin ʻAbd al-Bar, al-Tamhīd wa alIstidzkār; Abū Bakar Muḥammad bin ʻAbdullāh ibn al-Arabi al-Mālikī, al-Qabasu, juz 20, tahkik oleh Tarakī, Kairo: Markaz Hijr li al-Buḥuth wa Dirāsat al-„Arabiyyah al-Islāmiyyah, 2005 M/1426 H).

Māwardī, Abū Ḥasan ʻAlī bin Muḥammad bin Ḥabīb al-, Kitāb al-Ahkām al-Ṣulṭāniyyah wa al-Wilāyah al-Dīniyyah, cet.I, Kuwait: Dār Ibnu Qutaibah, 409H/1989 M.

Muhammad al-Ghazali, Studi Kritis atas Hadis Nabi saw Antara Pemahaman Tekstual dan Kontekstual, terj. Muhammad al-Baqir, Bandung: Mizan, 1991.

Nasa‟i, an-, Sunan an-Nasā‟ī, ta‟liq oleh Muhammad Nasiruddin al-Albani, cet. I, Riyad: Maktabah al-Ma‟arif li an-Nasyr wa Tawzi‟, t.t.

Nawawi, al-, Ṣāḥiḥ Muslim bi Syarḥ al-Nawawī, cet. I, Kairo: Matba‟ah al-Misriyyah, 1347 H/1929 M.

Qarafī, al-, al-Furūq, Beirut: „Ᾱlām al-Kutub, t.t.

Rasyīd Riḍā, Muḥammad, Tafsīr al-Qur‟ān al-Ḥakīm, cet. II, Kairo: Dār al-Manār, 1366 H/1947 M.

Syaltūt, Maḥmūd, al-Islām „Aqīdah wa Syarīʻah, t.tp.: Dār alQalam, 1966.

Syarbaynī, Syams al-Dīn Muḥammad al-Khatīb al-, Mughnī alMuḥtāj ilā Maʻrifah Maʻānī Alfāẓ al-Minhāj, Beirut: Dār al-Fikr, t.t.

Ṭabarī, Abū Jaʻfar Muḥammad bin Jarīr al-, Tafsīr al-Ṭabarī Jāmiʻ al-Bayān „an Ta‟wīl al-Qur‟ān, t.tp.: Dār Hijr, t.t.

Tirmizi, al-, al-Jāmi‟ al-Ṣāḥiḥ wa Huwa Sunan al-Tirmidzī, ditahqiq oleh Ahmad Muhammad Syakir, Muhammad Fuad Abdul Baqi, dan Ibrahim Utwah Awd, cet. II. Mesir: Mustafa al-Babi al-Halabi wa Syurakahu, 1388 H/1968 M.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jar.v1i2.7391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Ali Abubakar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed by:

issuu  logo google scholar   

OCLC WorldCat BASE-Search

  issuu  Academia Edu  Open Archives Initiative

 

License

This work is licensed under CC BY-SA

© All rights reserved 2014. Ar Raniry, ISSN: 2355-7885, e-ISSN: 2355-813X

 

View My Stats