PENGARUH RELIGIUSITAS, INFORMASI PRODUK, DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN TABUNGAN FIRDAUS PADA PT. BANK ACEH SYARIAH KANTOR CABANG BATOH BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/jihbiz.v4i1.12434Keywords:
Religiusitas, Informasi Produk, Bagi Hasil, Minat NasabahAbstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh religiusitas, informasi produk, dan bagi hasil terhadap minat nasabah dalam menggunakan Tabungan Firdaus pada PT Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Batoh Banda Aceh. Data penelitian ini menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner dengan pengolahannya menggunakan SPSS 23. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode analisis data model regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-F) dan tingkat signifikansi 5%. Hasil uji-F menunjukkan bahwa religiusitas, informasi produk, dan bagi hasil berpengaruh dan signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan Tabungan Firdaus. Secara parsial religiusitas, informasi produk, dan bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan Tabungan Firdaus.
References
Ahmadi, Abu. (1998). Psikologi Umum. Jakarta: Rieneka Cipta.
Algaoud, M. Latifa., dan Lewis, Mervyn K. (2004). Perbankan Syariah; Prinsip, Praktik, dan Prospek. Jakarta: PT.Serambi Ilmu Semesta.
Ancok, dan Suroso. (2001). Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ascarya. (2013). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Antonio, Muhammad Syafi’i. (2001). Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.
Crow, Alice, dan Crow, Lester D. (1984). Psikologi Pendidikan. Surabaya: PT. Bina Ilmu.
Ferdinand. (2002). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
George, H. William Bodnar, dan Hoopwood, S. (2000) Sistem Informasi Akutansi. Diterjemahkan oleh Amir Abadi jusuf dan R. M Tambunan. Edisi Keenam. Buku satu. Jakarta: Salemba Empat.
Ghufron, dan Risnawita. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Madia.
Jalaludin, Rakhmat. (2010). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Karim, Adiwarman A. (2011). Bank Islam (Analisis Fiqih dan Keuangan). Jakarta: PT Raja Grafindo.
Lupiyoadi dan Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
Muhammad. (2002). Kebijakan Moneter dan Fiskal dalam Islam. Jakarta: Salemba Empat.
Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Poerwadarminta. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sahlan, Asmaun. (2011). Religiusitas Perguruan Tinggi: Potret Tradisi Keagamaan di Perguruan Tinggi Islam. Malang: UIN Maliki Press.
Sekaran, U. (2011). Research Methods For Business. United Kingdom: A. John Wiley and Sons.
Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, Edy dan Widodo, Untung Hady. (2005). Mengapa Memilih Bank Syariah? Bogor: Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance Education uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgement to the original publication from Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint and distribute the manuscript in any medium or format.