PENGARUH RELIGIUSITAS, INFORMASI PRODUK, DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN TABUNGAN FIRDAUS PADA PT. BANK ACEH SYARIAH KANTOR CABANG BATOH BANDA ACEH

Miftahul Haifa, Inayatillah Djakfar, Jalilah Jalilah

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh religiusitas, informasi produk, dan bagi hasil terhadap minat nasabah dalam menggunakan Tabungan Firdaus pada PT Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Batoh Banda Aceh. Data penelitian ini menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner dengan pengolahannya menggunakan SPSS 23. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode analisis data model regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji parsial (uji-t) dan uji simultan (uji-F) dan tingkat signifikansi 5%. Hasil uji-F menunjukkan bahwa religiusitas, informasi produk, dan bagi hasil berpengaruh dan signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan Tabungan Firdaus. Secara parsial religiusitas, informasi produk, dan bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah dalam menggunakan Tabungan Firdaus.


Keywords


Religiusitas; Informasi Produk; Bagi Hasil; Minat Nasabah

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. (1998). Psikologi Umum. Jakarta: Rieneka Cipta.

Algaoud, M. Latifa., dan Lewis, Mervyn K. (2004). Perbankan Syariah; Prinsip, Praktik, dan Prospek. Jakarta: PT.Serambi Ilmu Semesta.

Ancok, dan Suroso. (2001). Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ascarya. (2013). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Antonio, Muhammad Syafi’i. (2001). Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Crow, Alice, dan Crow, Lester D. (1984). Psikologi Pendidikan. Surabaya: PT. Bina Ilmu.

Ferdinand. (2002). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

George, H. William Bodnar, dan Hoopwood, S. (2000) Sistem Informasi Akutansi. Diterjemahkan oleh Amir Abadi jusuf dan R. M Tambunan. Edisi Keenam. Buku satu. Jakarta: Salemba Empat.

Ghufron, dan Risnawita. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Madia.

Jalaludin, Rakhmat. (2010). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Karim, Adiwarman A. (2011). Bank Islam (Analisis Fiqih dan Keuangan). Jakarta: PT Raja Grafindo.

Lupiyoadi dan Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Penerbit Salemba Empat: Jakarta.

Muhammad. (2002). Kebijakan Moneter dan Fiskal dalam Islam. Jakarta: Salemba Empat.

Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Poerwadarminta. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sahlan, Asmaun. (2011). Religiusitas Perguruan Tinggi: Potret Tradisi Keagamaan di Perguruan Tinggi Islam. Malang: UIN Maliki Press.

Sekaran, U. (2011). Research Methods For Business. United Kingdom: A. John Wiley and Sons.

Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Edy dan Widodo, Untung Hady. (2005). Mengapa Memilih Bank Syariah? Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v4i1.12434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Miftahul Haifa, Inayatillah Djakfar, Jalilah Jalilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: