PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2016-2018)

Nurhayati Nurhayati, Eliana Eliana, Neneng Jusniarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. indikator yang dapat digunakan untuk mengukur nilai perusahaan adalah Tobin’s Q. Penelitian ini menggunakan sampel dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2018. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 168 perusahaan yang digunakan sebagai sampel Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian profitabilitas berpengaruh terhadap hubungan antara Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan.


Keywords


Corporate Social Responsibility; profitabilitas; Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Ayu, Dea Putri dan Gede Suarjaya. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Pertambangan. Jurnal Manajemen Unud. Vol 6 Nomor 2.

Humairoh, Fitri. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Jurnal Balance,15(2),162-188. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Kalsum,Umi. (2017) “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pofitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2015” Universias Lampung, Bandar Lampung.

Karundeng, Frandy.Nangoi,Grace B., Karamoy,Herman. (2018).Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Jurnal Program Magister Akuntansi.Universitas Sam Ratulangi

Kasmir. (2012), “Analisis Laporan Keuangan”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ramona, Suci. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Artikel Ilmiah. Rokan Hulu: Fakultas Ekonomi. Universitas Pasir Pengaraian

Rahmantari, Ni Luh Laksmi. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ganec Swara Vol. 15, No.1, ISSN 1978-0125, ISSN 2615-8116, http://journal.unmasmataram.ac.id/index.php/GARA

Susanti, Feby., Marietsa, Fenny., Indriani Rini. (2012). The Influence of Corporate Social Responsibility to Firm Value with Profitability and Leverage as a Moderating Variable. Journal Malaysia Indonesia Conference on Economic, Management and Accounting (MIICEMA). Bengkulu University.

Wahyuni, S.F. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.homepage:Vol 1, No. 1, September 2018, 109-117.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jihbiz.v3i1.9633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurhayati Nurhayati, Eliana Eliana, Neneng Jusniarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Editorial Office
Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance
Program Studi Perbankan Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Jln. Syaikh Abdur Rauf Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia
Contact jihbiz@ar-raniry.ac.id    

                                                                                                   

Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  

 

 Membership: