PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2016-2018)
DOI:
https://doi.org/10.22373/jihbiz.v3i1.9633Keywords:
Corporate Social Responsibility, profitabilitas, Nilai PerusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. indikator yang dapat digunakan untuk mengukur nilai perusahaan adalah Tobin’s Q. Penelitian ini menggunakan sampel dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2018. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 168 perusahaan yang digunakan sebagai sampel Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian profitabilitas berpengaruh terhadap hubungan antara Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan.
Downloads
References
Ayu, Dea Putri dan Gede Suarjaya. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Pertambangan. Jurnal Manajemen Unud. Vol 6 Nomor 2.
Humairoh, Fitri. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Jurnal Balance,15(2),162-188. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Kalsum,Umi. (2017) “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pofitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2015” Universias Lampung, Bandar Lampung.
Karundeng, Frandy.Nangoi,Grace B., Karamoy,Herman. (2018).Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Jurnal Program Magister Akuntansi.Universitas Sam Ratulangi
Kasmir. (2012), “Analisis Laporan Keuangan”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ramona, Suci. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015). Artikel Ilmiah. Rokan Hulu: Fakultas Ekonomi. Universitas Pasir Pengaraian
Rahmantari, Ni Luh Laksmi. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ganec Swara Vol. 15, No.1, ISSN 1978-0125, ISSN 2615-8116, http://journal.unmasmataram.ac.id/index.php/GARA
Susanti, Feby., Marietsa, Fenny., Indriani Rini. (2012). The Influence of Corporate Social Responsibility to Firm Value with Profitability and Leverage as a Moderating Variable. Journal Malaysia Indonesia Conference on Economic, Management and Accounting (MIICEMA). Bengkulu University.
Wahyuni, S.F. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.homepage:Vol 1, No. 1, September 2018, 109-117.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance Education uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, as long as appropriate credit and proper acknowledgement to the original publication from Jihbiz : Global Journal of Islamic Banking and Finance is made to allow users to trace back to the original manuscript and author. Readers are also granted full access to read and download the published manuscripts, reprint and distribute the manuscript in any medium or format.