PERBEDAAN PROSES PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN THINK PAIR SQUARE SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/lj.v9i2.11180Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang Perbedaan Hasil Belajar Konsep Fluida Statis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Think Pair Square Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Think Pair Square terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X pada konsep Fluida Statis di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen kuasi (Quasi Experimental). Populasi penelitian ini dalah seluruh siswa kelas X.IA SMA Negeri 4 Banda Aceh. Sedangkan untuk menentukan sampel digunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sehingga sampel penelitian ini adalah kelas X.IA 5 yang berjumlah 30 orang (kelas eksperimen 1) dan kelas X.IA 2 yang berjumlah 30 orang (kelas eksperimen 2). Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan tes. Data dianalisis menggunakan statistik uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t hitung < ttabel = -0,55 < 2,002 maka Ho diterima. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dengan model pembelajaran Think Pair Square pada mata pelajaran Fisika konsep Fluida Statis di kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015.Downloads
Published
Issue
Section
License
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access Authors who publish with Lantanida Journal agree to the following terms: a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).