ANALISIS KESULITAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN KIMIA DALAM MENGEMBANGKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
DOI:
https://doi.org/10.22373/lj.v9i2.11191Keywords:
RPP, Pembelajaran, KesulitanAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam mengembangkan RPP dan menganalisis hubungan nilai RPP yang diperoleh mahasiswa dengan kesulitan mahasiswa dalam mengembangkan RPP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 50 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata kesulitan mahasiswa dalam mengembangkan RPP sebesar 76,48% dengan kategori sedang. Terdapat 8 komponen RPP yang memiliki tingkat kesulitan sedang, yaitu Indikator Pencapaian Kompetensi, materi ajar, alokasi waktu pada langkah-langkah pembelajaran, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, teknik penilaian hasil belajar, instrumen penilaian pengetahuan (kognitif), dan instrumen penilaian keterampilan (psikomotorik). Adapun komponen RPP yang memiliki tingkat kesulitan tinggi yaitu komponen metode pembelajaran. Hasil uji statistik korelasi product moment diperoleh nilai r sebesar 0,89, sedangkannilai thitung 13,54 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 adalah 2,01, menunjukan bahwa thitung> ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kesulitan yang dialami mahasiswa dalam mengembangkan RPP dengan nilai RPP yang diperoleh.References
Hanum, L. 2017. Perencanaan Pembelajaran. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Istiqomah, F., Hairida, H., Muhairini, R. Analisis Kemampuan Menyusun RPP Kurikulum 2013 pada Mahasiswa Pendidkan Kimia FKIP Universitas Tanjungpura. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9): 1-13
Jumiati, dan Taufitri, S. 2018. Kendala Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lancang Kuning Dalam Pelaksanaan Mata Kuliah Microteaching T.A 2016/2017. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1): 79-90.
Kemendikbud. 2016. Permendikbud No. 22 Tahun 2014 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurjaman, A., Purwasih, R., dan Sari, I. P. 2018. Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Membuat RPP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2): 33-42.
Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rosda Karya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access Authors who publish with Lantanida Journal agree to the following terms: a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).