PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI KIMIA UNSUR MENGGUNAKAN MIND MAP DI KELAS XII IPA SEMESTER 1 SMA NEGERI 1 WONOSARI
DOI:
https://doi.org/10.22373/lj.v3i1.1438Keywords:
Mind Map, Chemistry of elemental, XII IPA, SMA 1 WonosariAbstract
This research is aimed to determine the quality of mind maps which have created by students and to determine the result of students learning in chemistry lesson by using mind map model. The research uses description qualitative method. The population is students of natural science program grade XII at SMA 1 Wonosari years 2013/2014. The sample consists of 96 students at class XII IPA1, XII IPA2, and XII IPA3. The research gives imformation about the quality of student’s mind map which have scored by using mind map scoring rubric and the result of students learning which have tested by giving daily examination. The percentage of very good category, good category, and good enough category is 40%, 40%, and 20% respectively. The average of test value is 80.406, it means that the average value is higher than minimal passing standart. The percentage of student which pass the test is 80.208%. thus the result to be categorized as good level.References
Agung Aji Trapantoko, Penggunaan Metode Mind Map (Peta Pikiran) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Depok, Skripsi Tidak Diterbitkan, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 2011.
Arisdea Tri Putra, Hairida dan Ira Lestari. Pengaruh Multimedia Berbasis Mind Mapping terhadap Hasil dan Retensi Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon, (online), http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/3602/3617, diakses tanggal 28/11/2014.
Budi Arifin, Penerapan Metode Mind Map untuk Meningkatkan Motivasi Mata Pelajaran IPA tentang Sumber Daya Alam di Kelas IV MI Wahid Hasyim Tahun Pelajaran 2012/2013, Skripsi Tidak Diterbitkan, FTIK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013.
Dulfi Asrianti, Zulfitri Aima, da Lita Lovia, Pengaruh Penerapan Metode Mind Map Disertai Handout terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rao Selatan Tahun Ajaran 2012/ 2013, http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CB8QFjAA&url=http%3A%2F%2Fjurnal.stkip-pgri sumbar.ac.id%2FMHSMAT%2Findex.php%2Fmat20121%2Farticle%2Fdownload%2F11%2F11&ei=vc17VMapHYqzuATHioDACA&usg=AFQjCNHtRywfI46tX7R2jrp1VyeUlZqFIQ&sig2=sqfXbEKVTRwjtHxURp0lOQ, diakses tanggal 26/11/2014.
Haniati Rahayu, Implementasi Pembelajaran Kimia Berbasis Mind Maps Method dengan Pemanfaatan Media CD Interaktif Karya Eka Wijayanti sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Berpikir dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X MA Ibnul Qoyyim Tahun Pelajaran 2011/2012, Skripsi Tidak Diterbitkan, FST UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.
I Gede Ratnaya, Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 46, Nomor 2, Juli 2013, hal.125-135.
Maisyarah, Efektivitas Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA, http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3136, diakses pada tanggal 26/11/2014.
Nurul Fauziah I, M. Masykuri, dan Agung Nugroho C.S, Studi Komparasi Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Menggunakan Peta Pikiran (Mind Mapping) dan Peta Konsep (Concept Mapping) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 2 No. 2, Tahun 2013, Hal. 132-139.
Ramlan Silaban dan Masita Anggraini Napitupulu, Pengaruh Media Mind Mapping terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA pada Pembelajaran Menggunakan Advance Organizer, http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Article-23269-1.%20Ramlan-Unimed.pdf, diakses pada tanggal 26/11/2014.
Siti Hanifah, Suripto, dan Joharman, Penggunaan Model Mind Map dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IVSekolah Dasar, http://download.portalgaruda.org/article.php?article=108476&val=4073, diakses pada 26/11/2014.
Sugesti Fitriani, Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Menggunakan Mind Map terhadap Hasil Belajar Biologi pada Konsep Keanekaragaman Hayati (Eksperimen di SMAN 8 Tangerang Selatan), Skripsi Tidak Diterbitkan, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2010.
Suratmi dan Fivin Noviyanti, Penggunaan Mind Map sebagai Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Konsep Sistem Reproduksi di SMPN 1 Anyar, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 2013.
Tony Buzan, Buku Pintar Mind Map, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2012.
Undung Suci Rejeki, Muh. Chamdani, dan H. Setyo Budi, Penggunaan Model Mind Map dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Kelas IV SD, http://download.portalgaruda.org/article.php?article=108476&val=4073, diakses pada 26/11/2014.
Yoga, D. Applied Real-Time Mind Map @ Classroom: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Mind Map, Dipresentasikan di Kalangan Pendidikan 9 Negara di ASIA, 2007.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Proposed Policy for Journals That Offer Open Access Authors who publish with Lantanida Journal agree to the following terms: a. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. b. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal. c. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).