MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERINTERNALISASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LARUTAN PENYANGGA DAN KARAKTER ISLAMI SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abduh, M. Peradaban Sains Dalam Islam. Surabaya : Sala Tiga Press. 2013.
Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Departermen Agama RI. 1995.
Afifah, N.D. Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik Pada Pelajaran PAI Madrasah Diniyah Awwaliah (MDA). Disertasi Pengembangan Kurikulum UPI: Bandung. Tidak diterbitkan. 2013.
Arikunto, S. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara. 2006.
Bean.C.D. Implementing Guided-Inquiry in The Chemistry Laboratory. dissertation publishing 1472526 Copyright 2009 by ProQuest LLC. United States. 2007.
Chang, R. General Chemistry: The Essential Concepts. Fifth Edition.McGraw Hill : America New York. 2008.
Dahar, R.W. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga. 1996.
Depdiknas. 2008. Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa.
Dwisuyanti, R. Strategi Pembelajaran Kimia. Edisi Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu. 2010.
Faruqi, Y.M. Islamic view of nature and science: Could These be the answer to building bridges between modern science and Islamic science. International Education Journal. 2007. 8 (2). 461-469. ISSN 1443-1475. 2007.
Fatanoh, S. Aplikasi Aspek Kognitif (Teori Bloom) dalam Pembuatan Soal Kimia. Kaunia. Vol. I. No 2, Oktober 2005.
Gagne, R.M. The Conditions of Learning. New York : Holt, Rinehart and Wiston. 1977.
Gormaly, C. Lesson Learned About Implementing And Inquiry-Based Curriculum in a College Biology Laboratory Classroom. Journal of College Science Teaching. Vol. 40. No, 3. 2011.
Hafiz, M. Secondary School Science Teachers’ View About The ‘Nature of Science’. Bulletin of Education Research, December, No. 2. Vol 31. PP 29-44. 2009.
Himpunan Undang-undang Keputusan Presiden. Peraturan Daerah/Qanun, Instruksi Gubernur dan Edaran Gubernur Berkaitan dengan Pelaksanaan Syariat Islam. Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. 1999.
Ikhsanuddin. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Keterampilan Generik Sains dan Berpikir Kritis Siswa Pada Topik Hidrolisis Garam dan Sifat Koligatif Larutan.Artikel SPS UPI Program Studi Pendidikan IPA. Tidak diterbitkan. 2007.
Ismail, S. Budaya Sekolah Islami. Bandung: Rizqi Press. 2013.
Jaya, I.M. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Setting Guided Inquiry untuk meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa SMP. e-journal. PPs UNDIKSHA, Program Studi IPA Volume 4 Tahun 2014. http://www.ejournal.pps.undiksha.ac.id., diakses 10 Mei 2014.
Jamaluddin, D. Character Education in Islamic Perspective. International Journal Of Scientific & Tecnology Research. Volume 2, Issue 2, Februari 2013
Kementerian Pendidikan Nasional. Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama: Panduan Guru Mata Pelajaran. Jakarta: Puskur Balitbang Kemendiknas RI. 2010.
Kementerian Pendidikan Nasional. Pedoman Penilaian Sikap Kurikulum 2013. Jakarta: Puskur Balitbang Kemendiknas RI. 2013.
Majid, A dan Andayani,D. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012.
Ma’zumi,J. Contributions of Madrasah to Development of the Nation Character. International Journal of Scientific & Technology Research, Volume I, Issue 11, December 2012, ISSN: 2277-8616. 2012.
Maraghi, A. Tafsir al-Maraghi, terj, Semarang: Toha Putra, Cet. III. 1993.
Marzuki. Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter. (1). 33-34. 2012.
Mardapi, D. “Penilaian Pendidikan Karakterâ€. Makalah. Bahan Tulisan Penilaian Pendidikan Karakter. Universitas Negeri Yogyakarta. 2010.
McKinley, K. Using Problem Based Learning and Guided Inquiry in a High School Acid-Base Chemistry Unit. dissertation publishing 1516220 Copyright 2012 by ProQuest LLC. United States. 2012.
Mujib, A. “ Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Psikologi Islamâ€. Prosiding seminar nasional psikologi Islami 2012. Surakarta 21 April 2012.
Munawar, S.A.,H. Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, Cet. II. 2005.
Mustanir. “Upaya Integrasi Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran Sainsâ€. Prosiding disampaikan pada seminar Internasional Pendidikan Islami, Banda Aceh, 9-12 November 2008.
Nana, S. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya: Bandung. 2008.
Noraini,C dan Hasan, L. Islamic Religious Curriculum in Muslim Countries: The Experiences of Indonesia and Malaysia Bulletin of Education & Research June 2008, Vol. 30, No. 1, pp. 1-19. 2008.
Novak, J.D. Learning How to Learn. Cambridge : Cambridge University Press. 1984.
Nugroho, A. Pengintegrasian Nilai-Nilai Religius Dalam Buku Pelajaran Kimia SMA/MA Sebagai Metode Alternatif Membentuk Karakter Insan Mulia Pada Siswa. Jakarta : Direktorat Pendidikan Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Departemen Agama R.I. 2007.
Prins, G, Teaching and Learning of Modelling in Chemistry Education. Authentic Practices as Contexts for Learning, Netherland : G.T. Prins – Utrecht: CD-ß Press, Freudenthal Institute for Science and Mathematics Education, Utrecht University. 2010.
Ryna, R. Microscience Experiment: The Idea Of Improving In-Service Science Teachers’ Training Quality At Balai Diklat Keagamaan Bandung, Indonesia. International Journal Of Scientific & Technology Research Volume 2, Issue 5, May 2013 ISSN 2277-8616. 2013.
Shahril, M Integrating Ulul Albab Education And Science Education In Development Insan Ta’dibi Generation : A Case Study Of Mara Junior Science College (MJSC), International Academic Conference Proceedings, January 14-16, 2013 Antalya, Turkey. 2013.
Shihab, Q., M. Membumikan Al-Quran. Bandung: Mizan. 1996.
Sudjana, Metode Statistik. Bandung: Tarsito. 1999.
Syukri. Kimia Dasar Jilid 2. Bandung: ITB. 1999.
Zainal, A dan Sujak .Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung:Yrama Widya. 2011.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v3i1.1832
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Safrijal Safrijal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
INDEXED IN