PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. Penelitian pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2011.
Avsec, S., dan Kocijancie, S. 2014. The Effect Of The Use Of An Inquiry-Based Approach In An Open Learning Middle School Hydraulic Turbine Optimisation Course. World Transactions on Engineering and Technology Education. 12(3): 329-337.
Chen, Y. T., dan Li, Y. T. Development and evaluation of multimedia reciprocal representation instructional materials. International Journal of the Physical Sciences. 6(6): 1431-1439. 2011.
Chonga, V, D., Sallimah, dan Aicheongc, P, I. Using an Activity Worksheet to Remediate Students’ Alternative Conceptions of Metallic Bonding. American International Journal of Contemporary Research. 3(11):39-52. 2013.
Fauziah, R., Abdullah, A. A., Hakim, D. L., Pembelajaran Saintific Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Invotex. 9(2): 167-178.
Johar. Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. 2006.
Karsli, F., dan Sahin, C. Developing worksheet based on science process skills: Factors affecting solubility. Journal Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching. 10(1):121-130. 2009.
Kemendikbud. Konsep Pendekatan Scientific, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusiam, Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Jakarta. 2013.
Machin, A. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Journals Unnes Pendidikan IPA Indonesia. 3(1):28-35. 2014.
Majid, A. Strategi Pembelejaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2013.
Marjan, J., Arnyana, I. B. P., dan Setiawan, G. A. N. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. Mu Allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4(1): 1-12. 2014.
Nahum, L. T., Naaman, M. R., dan Hofstein. Developing a New Teaching Approach for the Chemical Bonding Concept Aligned With Current Scientific and Pedagogical Knowledge. Journal Department of Science Teaching, The Weizmann Institute of Science.10(1): 579-603. 2007.
Puspendik. Laporan Hasil Ujian Nasional SMP/ SMA/ SMK/ Tahun Pelajaran 2013/2014. BSNP, BALITBANG. 2014.
Putrawan, A. A., Suharta, G. P., dan Sariyasa. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Scienific Berbantuan Geogebra Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika. 3(1): 1-13. 2014.
Prayitno. Dasar teori dan praksis pendidikan. Jakarta: Grasindo. 2009.
Sardiman, A. M. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Radjagrafindo Persada. 2009.
Salcha, S. N. Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Materi Kegiatan Produksi dengan Pendekatan Scientific Siswa SMP Negeri 1 Winong. Economic Education Analysis Journal. 3(1).160-165. 2014.
Sudjana, N. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdikarya. 2011.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R and D. Cet ke -13, Bandung: Alfabeta. 2011.
Vogelezang, M. Chemistry Teaching And Learning In The Context Of A Problem Found At Home. Journals. 94(346):47-49. 2012.
Wongpoowarak, W., Faroongsarng, D., Worakul, N., dan Boonme, P. Numerical Computation of pH and Buffer Capacity in Complex Mixtures of Acids, Bases and Ampholytes. Silpakorn U Science & Tech J. 6(2): 20-29. 2012.
Yenny, A. S. I., dan Azizah, U. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Kelas X Mia 5 Sman 3 Surabaya. Unesa Journal of Chemical Education. 3(3): 105-111. 2014.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i1.1868
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Asnaini Asnaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
INDEXED IN