Tren Layanan Perpustakaan Untuk Pemustaka Milenial Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Padang

Septevan Namda Yudisman

Abstract


Abstrak

Perpustakaan dengan layanan teknologi digital telah merubah strategi dan kebijakan dalam suatu institusi perpustakaan sehingga mengalami perubahan baik dari sisi efektivitas kerja maupun perubahan mindset dalam melayani pekerjaan. Pergeseran makna dan strategi kolaboratif untuk menghadapi revolusi industri yang saat ini hangat diperbincangkan justru akan menjadi kekuatan pustakawan untuk menghadapinya dengan meningkatkan kompetensi yang lebih baik untuk dapat “berdamai” dengan teknologi informasi era revolusi industri 4.0 ini. Dengan sumber informasi dari perpustakaan sebagai sumber informasi yang dipercaya maka menjadi tugas pustakawan SMA Negeri 3 Padang untuk selalu melakukan update diri untuk melakukan kajian-kajian informasi yang semakin massif ini. Bekal utama yang harus dimiliki oleh para pemustaka adalah sikap ramah kepada semua pemustaka pada semua kondisi. Hal inilah yang selalau diharapkan dan dirindukan oleh para pemustaka di era digital dan revolusi industri 4.0. Perkembangan teknologi kadang sudah menggeserkan sikap sosial menjadi sikap asosial. Oleh karena itu, para pustakawan harus selalu menjadi pembeda dari kondisi kebiasaan yang ada.

 

Kata kunci: Perpustakaan, Perpustakaan sekolah, revolusi

                      industry, SMA Negeri 3 Padang.

 

 

 

Abstract

Library with digital technology services has changed strategies and policies in a library institution so that it undergoes changes both in terms of work effectiveness and mindset changes in serving the work.The shift in meaning and collaborative strategy to face the industrial revolution that is currently hotly discussed will instead be the power of librarians to deal with it by increasing better competence to be able to "make peace" with information technology in the era of industrial revolution 4.0.With the source of information from the library as a reliable source of information, it is the duty of librarians of SMA Negeri 3 Padang to always update themselves to conduct increasingly massif information studies.The main must-have for the libraries is a friendly attitude to all libraries in all conditions.This is what is expected and missed by the musicians in the digital age and the industrial revolution 4.0.The development of technology has sometimes shifted social attitudes into asocial attitudes.Therefore, librarians should always be the differentiator of existing habitual conditions.

 

Keywords: Library, School library, industrial revolution, SMA

                  Negeri 3 Padang


Full Text:

PDF

References


F. Daftar Pustaka

Cahyono, Teguh Yudi .2017. Seperti dikutip Bondhan Endriawan. Kepustakawanan Era Digital Dalam Memberikan Layanan Prima Kepada Pemustaka diakses dari http://lib.um.ac.id/wp-content/ uploads/2017/kepustakawanan-EraDigital.pdf.

Haryati, Sri. 2019. Pemacu tumbuh kembang budaya literasi di era revolusi industry 4.0 t Pustaka Rumah Cinta.

Itmanudin.2019. Strategi Kolaboratif Ikatan Pustakawan Indonesia Jawa Tengah untuk Pustakawan Unggul di Era Disrupsi. Makalah dalam Seminar Nasional Perpustakaan Strategi Kolaboratif untuk SDM Unggul di Era Industri 4.0 diselenggarakan ISI Surakarta 27 November 2019.

Kamil, Harkrisyati. Perpustakaan dan Profesi Pusakawan dalam Noorika Retno Widuri.2015. Program Pustakawan Pendamping Masyarakat Menuju Masyarakat Cerdas Informasi dan Teknologi. Bunga Rampai Pengembangan Perpustakaan dan Profesi Pustakawan Sebagai Pusat Sumber Belajar di era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Putri , Atika Tiara. 2019. Aplikasi Fasilitas dan suasana Interior Perpustakaan Berdasarakan Karakteristik dan Kebutuhan Ginerasi Milenial. Jurnal online Pustaka Loka Vol 11 No 1. IAIN Ponorogo.

Rohmadi, Mohammad . 2019. Menjadi Pustakawan Milenial yang Prima dan Unggul di Era Digital dan Revolusi Industri 4.0,. Makalah Seminar Nasional Pemacu Tumbuh Kembang Budaya Literasi di Era Revolusi Industri 4.0 diselenggarakan Universitas Tidar Magelang 18 September 2019.

Suwarno, Wiji. 2010. Ilmu perpustakaan dan Kode etik Pustakawan, Yogyakarta, Arruz Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/10581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.