Membangun Interpersonal Skills Pustakawan Dalam Layanan Informasi Perpustakaan

Syukrinur A Ghani

Abstract


Komunikasi merupakan sarana membangun hubungan dengan orang lain. Membangun hubungan yang baik dan pelayanan perpustakaan yang berkualitas berkaitan dengan kemampuan pustakawan dalam memberikan informasi kepada para pemustaka. Seorang pustakawan dalam memberikan layanan informasi membutuhkan keterampilan dan kemampuan sehingga layanan informasi berjalan secara sempurna dan maksimal. Bagaimana interpersonal skills pustakawan dalam memberikan informasi dalam layanan perpustakaan?. Kajian pustaka yang bersifat kualitatif dilakukan untuk menjawab permasalahan tersebut dengan menelaah buku atau tulisan dari berbagai bentuk yang ada kaitannya dengan interpersonal skills. Pemaparan hasil dilakukan secara deskriptif analisis. Interpersonal skills pustakawan mempengaruhi respon pemustaka terhadap pemanfaatan layanan informasi perpustakaan. Keterampilan pustakawan tersebut dielaborasi dalam tulisan ini.

 

Kata Kunci: Interpersonal Skills, Layanan Informasi


Full Text:

PDF

References


Akhtim Wahyuni, Mengasah Interpersonal Skills Mahasiswa Calon Pendidik, dalam Jurnal Pedagogia, Vol. 1 No. 1, Desember 2012: 1-10.

Alo Liliweri, Komunikasi Antar Personal, Jakarta: Kencana, 2015.

Ninis Agustini Damayani, Interpersonal Skill Dalam Pelayanan Perpustakaan, Pustaha: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol 1, No 1, Juni 2005: 23-27.

Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss, Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar, Buku Pertama, (Terj, Deddy Mulyana), Cet. 5, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Suranto AW, Komunikasi Interpersonal, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Tim Redaksi Asa Mandiri, Undang-Undang Perpustakaan (UU RI No. 43 Tahun 2007), Jakarta: Asa Mandiri, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/10600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.