Mengenal Karakteristik Pemustaka Usia Sekolah Dasar Guna Membangun Hubungan Interpersonal dengan Pustakawan
Abstract
Membangun hubungan interpersonal antara pemustaka dan pustakawan adalah salah satu hal penting di perpustakaan. Pada perpustakaan Sekolah Dasar, mengenal karakter anak dapat membantu pustakawan dalam memahami kepribadian anak serta kebutuhan informasi yang dibutuhkan anak tersebut. Tulisan ini membahas tentang bagaimana karakter anak usia Sekolah Dasar, apa saja koleksi yang harus dimiliki oleh perpustakaan dan yang dibutuhkan oleh pemustakanya, serta bagaimana perilaku anak dalam menelusuri informasi. Dalam hal lain, komunikasi interpersonal dapat menentukan bagaimana kedudukan dari pustakawan dalam melakukan pelayanannya termasuk dalam hal menghadapi pustakawan.
Full Text:
PDFReferences
Ibrahim Bafadal, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta : Bumi Aksara, 2009.
Lentera Kecil “ Mengenal Karakteristik Siswa “ diakses dari https://lenterakecil.com pada tanggal 24 Mei 2021.
Pawit M. Yusuf, Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Kencana, 2005.
Sapril “Komunikasi Interpersonal Pustakawan “ Diakses dari : http://repository.uinsu.ac.id Pada Tanggal 24 Mei 2021.
Sugiyanto, “karakteristik anak usia sekolah dasar “ diakses dari :http://repository.dinamika.ac.id Pada Tanggal 24 Mei 2021.
Wiji Suwarno, Psikologi Perpustakaan, Jakarta: Sagung Seto, 2009.
Yuliana, “Perilaku Pencarian Informasi Siswa”, diakses dari http://ejournal.unp.ac.id Pada Tanggal 22 Mei 2021.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/10972
Refbacks
- There are currently no refbacks.