Adaptasi dan Perluasan Dewey Decimal Classification (DDC) untuk Notasi (Subjek) Indonesia

Suherman Suherman

Abstract


Tulisan ini memaparkan cara-cara menentukan notasi DDC secara spesifik agar proses temu balik dokumen menjadi lebih efektif dan efisien. selama ini sebagian dari kita mungkin beranggapan bahwa semakin panjang notasi maka akan semakin spesifik pula subjek suatu dokumen. Padahal ada cara khusus yang memungkinkan bahwa notasi yang lebih pendek pun dapat menunjukkan subjek yang lebih spesifik pula. Hal ini memang diberikan pilihan oleh DDC kepada pengkatalog untuk memilih selama dengan catatan memegang prinsip konsisten dalam penggunaannya. Paparan singkat diharapkan dapat membantu para pengkatalog terutama Classifier dalam menentukan notasi yang lebih singkat namun menunjukkkan subjek yang lebih spesifik. Perluasan notasi di sini dikhususkan untuk wilayah Indonesia yang meliputi perluasan wilayah, bahasa dan sastra, bangsa/ras, perundang-undangan, administrasi dan pemerintahan serta subjek-subjek spesifik lainnya.

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI, Daftar Tajuk Subjek Islam dan Sistem Klasifikasi Islam: adaptasi dan perluasan DDC seksi Islam, penyunting Muh. Kailani, Jakarta: Departemen Agama RI, Badan Penelitian dan Pengembangan Agama Puslitbang Lektur Agama, 1998/1999.

Dewey, Melvil, Dewey Decimal Clasification and Relative Index, Ed.23 edited by Joan S. Mitchell, Dublin: OCLC, Ohio, 2011.

________________, Dewey Decimal Clasification and Relative Index, Ed. 22 edited by Joan S. Mitchell, Dublin: OCLC, Ohio, 2006.

Perpustakaan Nasional RI,Panduan Klasifikasi di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta: Perpustakaan Nasional, 2007.

______________________________, Terjemahan Ringkasan Klasifikasi Desimal Dewey dan Indeks Relatif: disesuaikan dengan DDC 20, Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 1994.

Zulfikar Zein, Buku Kerja Dewey Decimal Classification (DDC-22), Jakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/1212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.