Manajemen Pengelolaan Dayah dan Kaitannya Terhadap Pengembangan Perpustakaan Berdasarkan Standar Nasional Indonesia Perpustakaan di MAS Dayah Darul Ihsan Tgk. H. Hasan Krueng Kalee

Khairiah Khairiah

Abstract


Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan Dayah Darul Ihsan Tengku Haji Hasan Krueng Kalee dan kaitannya dengan pengembangan perpustakaan dayah tersebut berdasarkan Standar Nasional Indonesia 7329: 2009 tentang perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kaitan pengelolaan Dayah Darul Ihsan Tengku Haji Hasan Krueng Kalee terhadap pengembangan perpustakaan dayah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pola pengelolaan dayah sudah baik, namun ada beberapa kendala yang membuat pengembangan perpustakaan tidak sepenuhnya memenuhi standar SNI 7329: 2009 seperti pola yang terlalu sentralistik, pembatasan wewenang, tindak lanjut dari laporan yang diberikan lamban. Perpustakaan bukan merupakan prioritas ataupun perpustakaan dianggap sudah pada fase bagus sehingga tidak perlu diperbaiki lagi. Beberapa kendala ini menunjukkan bahwa dari 11 aspek yang terdapat dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) 7329: 2009 tentang perpustakaan, 7 aspek (64%) yang sudah sesuai dengan standar tersebut, yaitu aspek koleksi, pengolahan materi perpustakaan, perawatan materi perpustakaan, sumber daya manusia, penyelenggaraan perpustakaan, perabotan dan peralatan, dan kerjasama perpustakaan, sedangkan 4 aspek (36%) yaitu aspek layanan, ruang, anggaran, dan teknologi informasi dan komunikasi belum sesuai.

Full Text:

PDF

References


A. Halim, Rr. Suhartini, M. Choirul Arif, dan A. Sunarto AS, Manajemen Pesantren, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2005.

Ainurrafiq Dawam dan Ahmad Ta’arifin, Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, Jakarta: Listafariska, 2004.

Amin Haedari, Ishoma El-Saha, Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah, Jakarta: Diva Pustaka, 2006.

Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia: Perpustakaan Sekolah, SNI 7329:2009, Jakarta: Badan Standarisasi Nasional, 2009.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2000.

Ibnu Ahmad, Penyelengaraan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Hidayah Karya, 1999.

James A. F. Stoner, R. Edward Freeman dan Daniel R. Gilbert. Jr., Manajemen, Jakarta: Prenhalindo, 1996.

Menteri Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, diakses dari sdm.data.kemdikbud.go.id pada tanggal 4 Januari 2016.

Pawit M. Yusuf, Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Kencana, 2005.

Pemerintah Aceh, Qanun Aceh No 11 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan diakses dari jdih.acehprov.go.id pada tanggal 16 Desember 2015.

Pemerintah Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2004 Tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 16 Tahun 2001 Tentang Yayasan, diakses dari luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU28-2004yayasan.pdf pada tanggal 4 Januari 2016.

Pemerintah Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007, diakses dari www.kemenag.go.id, pada tanggal 16 Desember 2015.

Perpustakaan Nasional, Standar Nasional Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Perpustakaan Nasional, 2011.

Rusdi Sufi, Tgk. H. Hasan Krueng Kalee, Banda Aceh: Dinas Kebudayaan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, 2006.

Wijayanto, Pengantar Manajemen, Jakarta: IKAPI, 2012.

Yaya Suhendar, Cara Mengelola Perpustakaan Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/1214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.