Keterampilan Sosial Pustakawan dalam Berkomunikasi Interpersonal

Nurul Rahmi

Abstract


Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang di dalamnya terdapat informasi dan saat berkomunikasi kita dapat mengetahui reaksi atau respon yang diberikan oleh communican dan adanya timbal balik (feed back) antara comunicator dan communican. Kemapuan komunikasi interpersonal yang baik dan efektif sangat dibutuhkan oleh setiap manusia agar dia dapat menjalani semua aktivitas dengan lancar terutama dalam kondisi lingkungan kerja dimana di lingkungan sehari-hari manusia berhadapan langsung dengan rekan kerja mereka, dan itu sangat dibutuhkan komunikasi interpersonal yang baik dan benar. Pekerjaan sebagai pustakawan sangat menuntut pustakawan dalam berinteraksi kepada banyak orang, komunikasi merupakan alat yang dapat membangun hubungan baik antara pustakawan dan pemustaka. Oleh karena itu, pustakawan dituntut untuk mempunyai good communication and good interpersonal skill agar dapat diterima oleh pemustaka. Pustakawan juga harus mengetahui bagaimana karakter dan sifat pemustaka karena tidak semua pemustaka memiliki kebutuhan yang sama. Pustakawan juga harus mengetahui kendala apa saja yang dialami dilapangan dalam memberikan layanan yang efektif dan baik kepada pemustaka.

Full Text:

PDF

References


Agus, M. Hardjana, Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal, Yogyakarta : Kanisius, 2003.

Damayani, Ninig Agustini., “Interpersonal Skill dalam Pelayanan Perpustakaanâ€, Pustaha: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol 1, No 1, Juni 2005.

DeVito, Joseph A, The Interpersonal Communication Book. 6th ed. New York: Harper Collins,1992.

Muhammad, Arni, Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Ninis, Agustini Damayani, “Interpersonal Skill dalam Pelayanan Perpustakaanâ€, Pustaha : Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol 1, No.1, Juni 2005, Jurusan Ilmu Informasi dan Pepustakaan Universitas Padjajaran., hlm 24-26.

Supraktiknya, A, Komunikasi Antarpribadi, Yogyakarta: Kanisius, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/1222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.