Program Pengembangan Perpustakaan UIN Ar-Raniry

Suherman Suherman

Abstract


Perpustakaan Perguruann Tinggi yang dikelola secara professional akan melahirkan lulusan Perguruan Tinggi yang memiliki keunggulan kompetitif (competitive advantages) di bidang akademik, moral dan spiritual. Jika lulusan semacam ini dapat dilahirkan, maka citra Perguruan Tinggi menjadi baik dan memiliki nilai tambah dibandingkan dengan perguruan tinggi lain. Hal ini pula yang perlu dipertimbangkan oleh UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry karena realita di lapangan masih mengindikasikan bahwa Perpustakaan masih kurang eksis dan kurang diminati civitas akademika. Hal ini disebabkan perpustakaan masih belum mampu menyediakan kebutuhan informasi pemustakanya di samping layanan yang masih kurang baik serta fasilitas lain yang belum membuat pemustaka merasa nyaman berada di perpustakaan. Oleh karena itu, adanya suatu rencana pengembangan yang baik menjadi suatu keniscayaan demi meningkatkan kebutuhan informasi para pemustaka dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia pada umumnya dan pendidikan di UIN Ar-Raniry pada khususnya agar dapat menghasilkan output yang berdaya saing tinggi menuju 'world class university library'.

Full Text:

PDF

References


Akhmad Syaikhu. (2010). Komputasi Awan (Cloud Computing) Perpustakaan Pertanian. (Jurnal Pustakawan Indonesia: Medium Informasi dan Komunikasi Antar Pustakawan Indonesia. Vol.10. No. 1, 2010). Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Blasius Sudarsono. (2006).Pustakawan Cinta dan Teknologi. Jakarta: Sagung Seto.

Sutarno, NS. (2006). Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto.

Syaiful Anwar. (2010). Implikasi Unggulan Perguruan Tinggi pada Aktivitas Ekonomi Daerah. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.16, No. 5 Sertember 2010). Jakarta: Balitbang. Kemdiknas.

UIN Ar-Raniry. (2013). Statuta Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Undang-Undang No. 43. (2007) Tentang Perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/1225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.