Optimalisasi Promosi Taman Baca Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh melalui Media Sosial

Khairiah Khairiah

Abstract


Abstrak

Salah satu hal penting yang bisa dilakukan sebagai bentuk pengembangan perpustakaan adalah dengan melakukan promosi. Promosi perpustakaan merupakan cara yang dilakukan oleh suatu perpustakaan dalam menarik minat pemustaka dan juga berguna dalam hal peningkatan kualitas layanan.  Dengan perkembangan zaman saat ini, promosi perpustakaan melalui media sosial menjadi salah satu bentuk promosi yang sangat tepat, mengingat hampir seluruh kalangan tanpa perbedaan usia menggunakan media sosial dalam hal mengakses suatu informasi. Hal ini juga yang turut dilakukan oleh Taman Baca dalam mempromosikan layanan yang dimilikinya. Promosi melalui media sosial dalam hal ini berupa instagram, facebook, dan channel youtube dipilih oleh Taman Baca Fakultas Adab dan Humaniora sebagai bentuk penyebaran informasi mengenai layanan, koleksi, serta informasi penting lainnya mengenai Taman Baca Fakultas Adab dan Humaniora yang bermanfaat dalam hal mendekatkan antara perpustakaan dengan pemustaka secara virtual.

Kata kunci: Promosi Perpustakaan, Media Sosial, Taman Baca, Instagram, Facebook, Youtube

 

Abstract

One of the important things that can be done as a form of library development is to do promotions. Library promotion is a method used by a library to attract users' interest and is also useful in terms of improving service quality. With the current developments, library promotion through social media is a very appropriate form of promotion, considering that almost all people without age differences use social media in terms of accessing information. This is also what Taman Baca also does in promoting its services. Promotion through social media, in this case in the form of Instagram, Facebook, and YouTube channels, was chosen by the Reading Gardens of the Faculty of Adab and Humanities as a form of disseminating information about services, collections, and other important information about the Reading Gardens of the Faculty of Adab and Humanities which are useful in bringing the library closer together. with a virtual library.

 

Keywords: Library Promotion, Social Media, Reading Gardens, Instagram, Facebook, Youtube


Full Text:

PDF

References


Arief Djufand. 2001. Perpustakaan MASJID: dalam kumpulan makalah pelatihan tenaga pengelola perpustakaan masjid provinsi DIY.

Eko Noprianto. 2018. Pemanfaatan Media Sosial Dan Penerapan Social Media Analytics (SMA) Untuk Perpustakaan Di Indonesia. Jurnal Pustaka Budaya. Diakses dari https://journal.unilak.ac.id.

Erni Dwi Pratiwi. 2016. Faktor Yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Instagram dengan The Theory Of Reasoned Action Menggunakan Amos 21”. Diakses dari http:ejournal.bsi.ac.id.

Farli Elnumeri. 2014. Senarai Pemikiran Sulistyo Basuki: Profesor Pertama Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia. Jakarta: ISIPII.

Iffonilla Yenianti. 2019. Promosi Perpustakaan melalui Media Sosial di Perpustakaan IAIN Salatiga. Pustabiblia,Volume 3. Diakses dari https://pustabiblia.iainsalatiga.ac.id/.

Istiana, Purwani. 2017. Penggunaan Media Sosial Oleh Perpustakaan. Libraria, Vol. 5, No. 1. Diakses dari : http://journal.stainkudus.ac.id.

Jody Santoso. 2019. Media Sosial dan Promosi Layanan Perpustakaan. Diakses dari https://digilib.isi.ac.id.

Mustofa. 2017. Promosi Perpustakaan melalui Media Sosial: Best Practice. Publish Jurnal. Diakses dari http://journal.umpo.ac.id/

Saidy Yikwa. 2019. Analisis Hubungan Sosial Anggota Himppar Salatiga Di Media Facebook Menggunakan Social Network Analysis. Diakses dari http://ejournal.itn.ac.id/index.php.

Soohyung Joo. 2018. Library Marketing Via Social Media: The Relationships Between Facebook Content Aand User Engagement In Public. Diakses dari https://www.emerald.com/

Sujatna. 2016. Promosi Perpustakaan. Tangerang: Mahara Publishing.

Tim Redaksi Asa Mandiri. 2007. Undang-Undang Perpustakaan ( UU RI No. 43 Tahun 2007. Jakarta: Asa Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/12707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.