Pelayanan Perpustakaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Google Scholar: Sebuah Narrative Literature Review

Azizah Azmi Az-Zahra

Abstract


                                            ABSTRAK

Minat baca dianggap menjadi salah satu faktor yang menentukan kemajuan suatu negara, bahkan kualitas sumber daya manusia juga dapat ditentukan dengan tinggi atau rendahnya minat baca yang dimiliki suatu negara. Di Indonesia minat baca masyarakat masih terbilang sangat kurang, Indonesia tercatat menempati peringkat nomor 62 dari 70 negara. Upaya sederhana yang dapat dilakukan dan memiliki dampak besar adalah dengan menanamkan kegiatan membaca pada anak usia dini, sehingga anak yang dikenalkan dengan kegiatan membaca pada usia dininya dapat tumbuh dengan kesadaran dan minat membaca yang tinggi. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui penelitian pelayanan perpustakaan untuk anak usia dini dalam Google Scholar melalui analisis jenis kegiatan pelayanan perpustakaan untuk anak usia dini, metode penelitian, dan dampak pelayanan perpustakaan untuk anak usia dini. Metode penelitian menggunakan literatur review berjenis narrative literature review. Penelitian ini membawa hasil yakni layanan perpustakaan pada anak terdiri dalam enam jenis, keenam jenis layanan perpustakaan untuk anak tersebut juga masing masing memiliki pengaruh pada setiap kegiatan pelayanannya yakni mainan anak, bercerita, layanan belajar, layanan rujukan, bimbingan pembaca, peminjaman bahan pustaka, fasilitas, koleksi, penyediaan layanan untuk anak usia dini diselenggarakan sebagai salah satu upaya dalam menanamkan sifat senang membaca serta kemampuan literasi yang baik pada anak dan diperlukan adanya penyelenggaraan pelayanan anak pada perpustakaan dengan baik, karena masing masing kegiatan


pelayanan perpustakaan anak yang baik akan mempunyai dampak terhadap anak sebagai pengguna layanan itu sendiri.

Kata kunci: Early childhood library services; library services; Early childhood

ABSTRACT

Reading interest is considered to be one of the factors that determine the progress of a country, even the quality of human resources can also be determined by the high or low interest in reading that a country has. In Indonesia, people's interest in reading is still very lacking, Indonesia is listed as being ranked number 62 out of 70 countries. A simple effort that can be done and has a big impact is to instill reading activities in early childhood, so that children who are introduced to reading activities at an early age can grow with high awareness and interest in reading. From these problems, this study aims to determine the research on library services for early childhood in Google Scholar through an analysis of the types of library service activities for early childhood, research methods, and the impact of library services for early childhood. The research method uses a literature review type of narrative literature review. This study brings the results that library services for children consist of six types, the six types of library services for children also each have an influence on each of its service activities, namely children's toys, storytelling, learning services, referral services, reader guidance, borrowing library materials, facilities , collections, service provision for early childhood is held as an effort to instill a love of reading and good literacy skills in children and it is necessary to have a good service for children in the library, because each good children's library service activity will have an impact on child as a user of the service itself.

Keywords: Interest in reading; library services; early childhood services

 


Full Text:

PDF

References


Hidayani, N. S. (2014). Layanan anak pada perpustakaan Bank Indonesia. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/ handle/123456789/28803

Sartika, D., Rum, M., & Syamsuddin, S. (2020). Pengembangan Koleksi Layanan Anak Pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). http://repository.uinjambi.ac.id/ id/eprint/5794

Saepudin, E., Damayani, N. A., & Rachmawati, T. S. (2019). Mendongeng sebagai strategi pembelajaran karakter di TBM Nusa Bentang Saung Budaya Tatarkarang Cipatujah Tasikmalaya. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(2), 131-144. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i2.19510

Saepudin, E., Sukaesih, S., & Rusmana, A. (2017). Peran taman bacaan masyarakat (TBM) bagi anak-anak usia dini. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.24198/jkip.v5i1.10821

Simamora, D. G. E. (2017). Perpustakaan Anak dan Remaja di Yogyakarta (Doctoral dissertation, UAJY). http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/13654

Wijaya, N. A., & Tulistyantoro, L. (2016). Perancangan interior perpustakaan anak di Surabaya. Intra, 4(2), 374-385.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/16811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.