Penelitian Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dengan Pemustaka Di Perpustakaan Melalui Database Google Scholer Dan Dimensions : Narrative Literature Review

Fitri Annisa, Rully Khairul Anwar, Siti Chaerani Djen Amar, Evi Nursanti Rukmana

Abstract


Abstract

This study aims to determine how the role of interpersonal communication between librarians and users in libraries through the narrative literature review method with four references taken through the Google Scholer and Dimensions database from 2013 to 2023. The results of this study show that librarians have an important role in interpersonal communication between librarians and users in libraries.  Because interpersonal or interpersonal communication is the delivery of information or a message involving two or more people through direct interaction so that it may get verbal or nonverbal reactions that are useful in establishing positive good relationships between librarians and users, avoiding conflicts that may occur due to misunderstandings, and avoiding users from negative perceptions about librarians.  In which there are often obstacles such as misperceptions created by users to librarians or vice versa, lack of librarian sensitivity to user needs, and information that has not been conveyed properly.  however, it can be straightened out by effective interpersonal communication applied with a librarian skill in understanding the meaning of equality, positivity, supportiveness, empathy, and openness.

Keywords: Interpersonal Communication; Users; Librarian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi interpersonal pustakawan dengan pemustaka di perpustakaan melalui metode narrative literature review dengan empat rujukan yang diambil melalui database google scholer dan dimensions dari tahun 2013 sampai 2023. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pustakawan  komunikasi interpersonal antara pustakawan dengan pemustaka memiliki peran penting dalam perpustakaan. karena komunikasi interpersonal atau antar pribadi merupakan penyampaian informasi atau suatu pesan melibatkan dua orang atau lebih melalui interaksi secara langsung sehingga mungkin mendapatkan reaksi secara verbal maupun nonverbal yang bermanfaat dalam menjalin hubungan baik yang postitif antara pustakawan dengan pemustaka, menghindari konflik yang mungkin terjadi sebab kesalahpahaman, dan menghindarkan pemustaka dari presepsi negative mengenai pustakawan. Yang dimana didalamnya sering terjadi hambatan seperti kesalahan presepsi yang diciptakan pemustaka terhadap pustakawan atau sebaliknya, kurangnya kepekaan pustakawan terhadap kebutuhan pemustaka, dan informasi-informasi yang belum tersampaikan dengan baik. namun hal tersebut dapat diluruskan dengan komunikasi interpersonal efektif yang diterapkan dengan suatu keterampilan pustakawan dalam memahami arti dari adanya kesetaraan (equality), Rasapositif (positiveness), Dukungan (supportiveness) Empati (empathy), dan Keterbukaan (openness).

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal; Pemustaka; Pustakawan


Full Text:

PDF

References


Abdillah, L. (2021). Mengkaji Pustaka (Literature Review). https://doi.org/10.31227/OSF.IO/WT4UJ

Ali Nurdin. (2020). Teori komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis - Dr. Ali Nurdin, S.Ag., M.Si. - Google Buku. Kencana A. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=gCTyDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=komunikasi+interpersonal&ots=csPnt0_e-u&sig=yw-0XG6Inoot4Y2xeQ7sb3sfSgI&redir_esc=y#v=onepage&q=komunikasi%20interpersonal&f=false

CMHC Committee. (2021, December 10). Apa sih perbedaan Narrative Literature Review, Systematic Literature Review dan Meta Analysis ? - Publikasi Jurnal Ilmiah News - HM Publisher. Publikasi Jurnal Ilmuah News - HM Publisher. https://cattleyapublicationservices.com/?p=269

Deddy Mulyana. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (cet. 21). Remaja Rosdakarya.

Dhamayanti, P. V. (2022). Systematic literature review. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(2), 209–219. https://doi.org/10.5281/ZENODO.7026884

Lensa, J., Komunikasi, M., Sari, S. N., & Marajari, M. R. (2019). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dengan Pemustaka Pada Layanan Sirkulasi Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(2), 36–48. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JLMI/article/view/1108

Maciej Serda, Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, … فاطمی, ح. (2015). Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan dalam Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2), 113–119. https://doi.org/10.2/JQUERY.MIN.JS

Daryono. (2017). Komunikasi Antar Pribadi: Pustakawan dengan Pemustaka dalam Memberikan Layanan Jasa di Perpustakaan. Jurnal Kepustakawanan Dan Masyarakat Membaca, 33(1), 1–010.

Norilda Effendi, & Melta Nelisa. (2012). Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bukittinggi. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 294.

Pemerintah pusat. (2007). UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan [JDIH BPK RI]. JDIH BPK RI Database Peraturan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39968/uu-no-43-tahun-2007

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis Jenis Komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(3), 29–37. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss/article/view/158

Ramayanti, R. (2018). Urgensi Komunikasi Efektif Dalam Proses TRANSFER INFORMASI DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI. Baitul ’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 46–57. https://doi.org/10.30631/BAITULULUM.V2I1.30

Raudah, H., & Santi, T. (2018). Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dan Pemustaka Di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 6(2), 257. https://doi.org/10.21043/LIBRARIA.V6I2.3949

Ridwan, M. M., Ismaya, I., Syahdan, S., Aminullah, A. M., Jamaluddin, N., Elihami, E., Musdalifah, M., Mathar, T., & Husain, H. (2021). Analisis Penerapan Komunikasi Interpersonal dalam Melayani Pemustaka di Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 95–106. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1099

Saputri, N., Sunan Kalijaga Yogyakarta, U., & Raden Fatah Palembang, U. (2022). PERAN KOMUNIKASI DAN PERILAKU PUSTAKAWAN TERHADAP PEMUSTAKA UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT. Nusantara Journal of Information and Library Studies (N-JILS), 5(1), 60–68. https://doi.org/10.30999/N-JILS.V5I1.1217

Silmi Nurul Utami. (2021, August 5). Komunikasi: Pengertian Para Ahli, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya. Kompas.Com.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/17949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.