Promosi Perpustakaan Melalui Bulletin Di Perpustakaan "HAMKA" SD Muhammadiyah Condongcatur : Best Practice

Nurrohmah Hidayah

Abstract


Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan pengembangan produk promosi di Perpustakaan SD Muhammadiyah Condongcatur, melalui pembuatan buletin perpustakaan. Dalam penelitian ini, penulis bertujuan untuk menjelaskan enam tahap dalam pelaksanaan program ini: 1) menganalisis kebutuhan pengguna, 2)
membangun kemitraan, 3) mengembangkan kegiatan dan sumber daya, 4) pelaksanaan promosi, 4) evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah produk buletin yang dapat digunakan sebagai alat promosi perpustakaan dan sebagai kegiatan untuk meningkatkan minat baca dan tulis bagi semua sivitas sekolah. Program dalam penelitian ini perlu ditangani karena ada banyak perpustakaan sekolah dasar lain untuk mengembangkan promosi di tingkat sekolah dasar.

Kata Kunci: Perpustakaan Sekolah, Promosi Perpustakaan

 

Abstract

This paper aims to explain the development of promotional products in Library elementary Muhammadiyah Condongcatur, through the creation of library bulletins. In this study, the authors aim to explain the six stages in the implementation of this program: 1) analyze user needs, 2) build partnerships, 3) develop activities and resources, 4) implementation of promotion, 4) evaluation. The results of this study is a bulletin product that can be used as a library promotion tool and as an activity to increase interest in reading and writing for all school civitas. The program in this study needs to be addressed as there are many other elementary school libraries to develop promotion at the primary school level.

Keywords: School Library, Library Promotion.


Full Text:

PDF

References


Rahayuningsih, Fransisca. “Menyiapkan Pustakawan Sekolah Ideal untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum 2013”. Dalam Sankakalla, Edisi 16

Lasa Hs. 2009. Manajemen Perpsuatakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus.

Suherman. 2013. Perpustakaan Jantung Sekolah. Bandung: Literate

Yuventia, Yuniwati. 2009. “Materi Seminar Nasional: Strategi Promosi Layanan Perpustakaan”. http://yuni_yuven.blog.undip.ac.id/2009/12/14/strategi-promosi-layanan-perpustakaan, diunduh 1 Januari 2018.

Achmad Mardiansya, dalam https://achmadjournal.com/2006/02/10/apa-ya ng-dimaksud-dengan-best-practices/ diakses pada tanggal Januari 2018.

Badollahi, Mustofa, 2011, Promosi Jasa Perpustakaan, Jakarta: Universitas Terbuka, hlm 20

Lasa, Hs, Kamus Kepustakawanan Indonesia.Yogyakarta : Pustaka Book Publiser, hlm 290.

Read Burkman, Amy (Nov / Dec 2004). A Practical Approach to Marketing the School Library (Access requires login). Library Media Connection; 23(3), 42-43

Read Meskauskas, Debora. Planning Special Events: Blueprint For Success. Friends & Foundations of California Libraries

Lamb and Larry Johnson, 2013. Advocacy: Promotion: Public Relations, Advertising and Marketing . http://eduscapes.com/sms/advocacy/promotion.html. Diakses pad 9 Januari 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/21705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.