PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TERHADAP PENINGKATAN MINAT BACA SISWA DI SMAN 3 TAKENGON

Sari Dariska Zikrayanti Sari Zikra

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap peningkatan minat baca
siswa di SMA Negeri 3 Takengon. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuesioner
yang diedarkan kepada 80 sampel dari 390 populasi dengan
menggunakan teknik proportionated stratified random sampling.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh R sebesar 0,548 yang
menunjukkan bahwa hubungan antara Gerakan literasi sekolah
(variabel X) dan peningkatan minat baca (variabel Y) tergolong
sedang. Hasil uji F terbukti bahwa F hitung 33,464 > F tabel 0,2199, maka
hipotesis alternativ (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.
Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa Gerakan Literasi
Sekolah (GLS) memliliki sedikit pengaruh terhadap peningkatan
minat baca siswa. Sedangakan hasil koefisien determinasi sebesar
0,300 menunjukkan bahwa variabel independen mempengaruhi
variabel dependen sebesar 30%.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22373/4067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.