Pengaruh Tunjangan Fungsional dan Batas Usia Pensiun Yang Lebih Tinggi Terhadap Motivasi Pustakawan (Studi Perbandingan Pada UPT Perpustakaan UNSYIAH dan UIN Ar-Raniry)

Suherman herman herman, Fanny DMW Fanny Fanny

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah tunjangan fungsional dan batas usia pensiun yang lebih tinggi berpengaruh terhadap motivasi pustakawan pada UPT Perpustakaan UNSYIAH dan UIN Ar-Raniry serta untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi pustakawan di kedua perpustakaan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang mengkombinasikan antara pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara pengeditan, tranformasi dan tabulasi data. Sedangkan teknik analisis menggunakan rumus regresi ganda dengan menggunakan metode statistik. Hasil nilai koefisien korelasi diperoleh 0,443 yang terletak diantara 0,400-0,599 hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi sedang atau cukup. Hasil uji hipotesis pada UPT.Perpustakaan UNSYIAH diperoleh Fhitung 1,397 < Ftabel 1,860 maka hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan hipotesis nol (Ho) diterima. Hasil nilai koefisien korelasi diperoleh 0,280 yang terletak diantara 0,20-0,399 hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi lemah atau rendah. Hasil uji hipotesis pada UPT.Perpustakaan UIN Ar-Raniry diperoleh Fhitung -0,285 < Ftabel 2,353 maka hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan hipotesis nol (Ho) diterima.

Full Text:

PDF

References


AA Anwar Prabu Mangku Negara, “Manajemen Sumber Daya Perusahaan” Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000.

Dian Widarnata, “Pengaruh Tunjangan Jabatan Fungsional Pustakawan Terhadap Motivasi Petugas Perpustakaan Untuk Menjadi Pustakawan” Skripsi Ilmu Perpustakaan, Universitas Ponegoro.

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 1992 tentang Tunjangan Jabatan Pustakawan, Jakarta: 1992

Lasa HS “Kamus Besar Kepustakawanan Indonesia”, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2009.

Mustofa “Pengaruh Penerimaan Tunjangan Kinerja dan Tunjangan Fungsional Terhadap Kinerja Pustakawan di Perpustakaan Institusi Seni Indonesia Surakarta” Tesis (Yogyakarta: Ilmu Perpustakaan dan Informasi, UIN Sunan Kalijaga, 2017)

Nanang Martono, “Metode Penelitian Kuantitatif”, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Nina Ariyani Martini “Psikologi Perpustakaan”, Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.

Nasrullah “Kenaikan Tunjangan Fungsional Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Pustakawan Di Perpustakaan Universitas Hasanuddin Makassar,” Skripsi, Makassar: UIN Alauddin Makassar, 2015.

Sungandi “Jabatan Fungsional Pustakawan di Mata Pegawai Non Pustakawan” Dalam Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol. 13, No.1 Juni 2017.

Sumber data informasi UPT Perpustakaan Unsyiah tahun 2017.

Sri Wahyuni “Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Pustakawan Terhadap Produktivitas Kerja Pustakawan Pada Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta” Tesis, (Yogyakarta: Ilmu Perpustakaan, UIN Sunan Kalijaga, 2016)

Tri Hardiningtyas “Pustakawan dan Angka Kredit”, Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/4944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.