PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL BAGI PERPUSTAKAAN ZAMAN NOW

Nadia Amelia Qurrota A’yunin

Abstract


Makalah yang berujudul Peran Kepemimpinan Transformasional Bagi Perpustakaan Zaman Nowini bertujuan untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan kepemimpinantransformasional serta bagaimana peran kepemimpinan transformasional bagi perpustakaan zaman now. Untuk menghadapi tantangan perpustakaan zaman now, maka diperlukan adanya pemimpin yang memiliki visi serta mampu mendorong stafnya untuk melakukan perubahan stafnya untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Kepemimpinan yang idela untuk gebrakan perpustakaan zaman now, yaitu diperlukannya kepemimpinan transformasional, yaitu kepemimpinan yang bertujuan untuk perubahan. Adapun peran pemimpin transformasional terhadap perpustakaan zaman now antara lain sebagai berikut : 1) memiliki visi yang membawa perubahan perpustakaan ke arah yang lebih baik, 2) sebagai motivator bagi pustakawan, 3) memberikan kesempatan kepada pustakawan untuk menyampaikan ide, gagasan dan berinovasi untuk perkembangan perpustakaan, 4) sebagai role model bagi pustakawan/staf, 5) menyebarkan pembelajaran dalam organisasi, 6) memberikan penghargaan belajar dan inovasi, 7) meningkatkan kompetensi pustakawan/sstaf, 8) memberikan stimulasi intelektual kepada pustakawan/staf untuk dapat berinovasi di dalam perkembangan perpustakaan. 9) menyediakan sumber daya yang memadai bagi pustakawan/staf untuk menjalankan sebuah tugas dimana mereka diberikan tanggung jawab.


Full Text:

PDF

References


Peraturan:

Undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan

Buku :

Lasa HS. Manajemen Perpustakaan, Yogyakarta: Gama Media, 2005.

Lensufiie, TiknoLeadership untuk Profesional dan Mahasiswa, Jakarta: Esensi, 2010.

Suwarno, Wiji. Organisasi Informasi Perpustakaaan (Pendekatan Teori dan Praktik), Jakarta : Rajawali Pers, 2016.

Wibowo. Kepemimpinan : Pemahaman Dasar, Pandangan Konvensional, Gagasan Kontemporer, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2016.

Yulk, Gary. Kepemimpinan dalam Organisasi, Jakarta: PT Indeks, 2005.

Sumber Internet:

Zeni Istiqomah. Perpustakaan di Era Keterbukaan Informasi : Sebuah Tantangan yang Harus Dihadapi dalam Majalah Visi Pustaka Edisi Vol.16 No. 2-Agustus 2014, diakses dalam http://www.pnri.go.id/magazine/perpustakaan-di-era-keterbukaan-informasi-sebuah-tantangan-yang-harus-dihadapi/ tanggal 12 Januari 2018 pk. 10.56




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/4988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.