MANAJEMEN KINERJA GURU PUSTAKWAN DALAM PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH PADA SMAN 2 MEULABOH

Cut Putroe Yuliana, Sri Hardianty Sri, Rahmad Syah Putra

Abstract


Guru pustakawan adalah guru sekolah yang mendapatkan pendidikan atau pelatihan di bidang perpustakaan, selain tugas mengajar juga bertugas di perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data: obeservasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapuntujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui  penyusunan program, pelaksanaan program, upaya atau strategi m dan faktor pendukung dan penghambat kinerja guru pustakawan dalam pemberdayaan perpustakaan sekolah pada SMAN 2 Meulaboh, dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, dan Guru Pustakawan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa (1) Belum terdapatnya; (2) Program/kegiatan Perpustakaan SMAN 2 Meulaboh sebagian dapat terlaksanakan, namun sebagian lagi belum terlaksanakan sepenuhnya dan ada kegiatan yang sama sekali belum terlaksana; (3) Upaya pemberdayaan Perpustakaan SMAN 2 Meulaboh yang dilakukan oleh guru pustakawan adalah dengan melakukan lomba siswa/siswi peminjam buku terbanyak, pembinaan bakat dan minat siswa dan menggalakkan kegiatan membaca sebelum memulai pelajaran serta melakukan kerjasama dengan Dinas terkait untuk membentuk GLS (Gerakan Literasi Sekolah); dan (4) terdapat faktor pendukung kinerja guru pustakawan dalam pemberdayaan Perpustakaan SMAN 2 Meulaboh serta faktor penghambat kinerja guru pustakawan dapat menunjang manajemen kinerja guru pustakawan pada SMAN 2 Meulaboh seperti sarana-prasana, pustakawan dan lain sebainya.

 


Full Text:

PDF

References


Bafadal, Ibrahim. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah.( Jakarta: Bumi Aksara.2011).

Fatmawati, Endang. “Menyoal Guru Pustakawan dan Kaitannya dengan Perpustakaan Sekolah” dalam Pendidikan yang Menyenangkan (Guru, Sekolah dan Perpustakaan). (Yogyakarta: Ladang Kata. 2015).

________________ “Menyoal Guru Pustakawan dan Kaitannya dengan Perpustakaan Sekolah” dalam Pendidikan yang Menyenangkan (Guru, Sekolah dan Perpustakaan). (Yogyakarta: Ladang Kata, 2015).

Griffin, R..Business, 8th Edition. NJ: Prentice Hall. 2006.

Miftahuliyana, Ifti. Pemberdayaan Perpustakaam Sekolah yang Profesional di SD Negeri Trangkil 01 Pati Tahun Ajaran 2011/2012. Universitas Negeri Semarang, tidak diterbitkan. [Online]. Diakses melalui: https://goo.gl/H29z5l [22 November 2016].

Saifuddin A. Rasyid dan Rahmad Syah Putra, Office Management (Manajemen Perkantoran), Banda Aceh: Bandar Publishing, 2018.

Sudarma, Momon. Profesi Guru: Dipuji, Dikritisi dan Dicaci. (Jakarta: Rajawali Pers.2013).

Sutarno, NS. Membina Perpustakaan Desa: Dilengkapi dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. (Jakarta: Sagung Seto. 2008).

UNESCO School Library Guidelinesdalam https://goo.gl/KnEmHI, diakses pada tanggal 18september 2018, pukul 10.19 WIB.

Vocational Business: Training, Developing and Motivating People by Richard Barrett - Business & Economics - 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/4990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.