TRANFORMASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN MIN 3 KOTA BANDA ACEH

Cut Afrina Cut

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tranformasi kepemimpinan kepala perpustakaan terhadap pengembangan perpustakaan Sekolah MIN 3 Kota Banda Aceh. Penelitiaan ini merupakan penelitiaan lapangan (field researsch), yakni penelitiaan yang mengumpulkan data dilakukan di lapangan untuk mengadakan mengadakan pengamatan terhadap suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Jenis penelitiaan ini adalah penelitiaan kualitatif, dimana yang dimaksud dengan penelitiaan kualitatif yaitu metode penelitiaan naturalistic karena penelitiaannya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Adapun objek yang diamati adalah kepala sekolah dan strategi kepemimpinan dalam pengembangan perpustakaan. Adapun hasil penelitiannya adalah; Transformasi kepala perpustakaan sangatlah penting untuk meningkatkan mutu pendidikan pada masa sekarang ini, Kalaborasi transformasi menjadi salah satu pendorong untuk terlaksananya visi dan misi perpustakaan sekolah, dan Dengan adanya transformasi kepala sekolah dapat meningkatkan pengembangan perpustakaan baik dari sumber daya manusia ataupun perbaikan fasilitas, sarana dan prasarana perpustakaan sekolah


Full Text:

PDF

References


Bush, Tony dan Marianne Coleman, Manajemen Stategis Kepemimpinan Pendidikan, IRCiSoD, Jogjakarta, 2008.

Danim, Sudarwan dan Suparno, Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan: Visi dan Strategi Sukses Era Teknologi, Situasi Krisis, dan Internasionalisasi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2009.

, Sudarwan Menjadi Komunitas Pembelajar: Kepemimpinan Transformasional dalam Komunitas Organisasi Pembelajaran, Bumi Aksara, Cet.ke-2, Jakarta, 2005.

Darmono, “Pengembangan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar”. Dalam http://www.library-um.or.id/upload/files/jurnal/artikel-1.pdf. Diakses tanggal 22 Oktober 2016.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989.

J. Dubrin, Andrew. The Complete Ideal’s Guide Leadership. Jakarta: Prenada Media, 2006.

Komariah, Aan dan Cepi Triatna. Visionary Leadership, Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Lasa, Hs. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus BookPublisher.2005.

Martoyo, Susilo. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE, 2000.

Maryanto, Kepemimpinan transformasi: Gaya Kepemimpinan Masa Depan. Dalam http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/168-artikel-pengembangan-sdm/20485-kepemimpinan-transformasi-gaya-kepemimpinan-masa-depan, Diakses Pada Tanggal 15 Oktober 2017.

Siagian, S. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Suhendar, Yaya. Cara Mengelola Perpustakaan Sekolah Dasar: Panduan Petugas Perpustakaan, Jakarta: Prenada, 2014.

Sutarno, NS, Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Sagung Seto, 2006.

Trimo, Soejono. Pedoman Pelaksanaan Perpustakaan. (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1997.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dikutip Friska Fauzi, Dampak Manajemen Bebasis Sekolah Bagi Pengembangan Perpustakaan sekolah. (Yogyakarta: Fakultas Adab, 2009), 28.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan kepala sekolah Tinjauan Teoritik serta Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Yulk, Gary. Leadership in Organization. New Jersey: Prentice Hall, 2001.

Yusuf, Pawit M. M.S dan Yaya Suhendar, Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2005

, Pawit, DKK. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/4993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.