TRANSFORMASI PUSTAKAWAN DI ERA TEKNOLOGI INFORMASI

Qudusi sara Qudusi

Abstract


Perpustakaan merupakan gudang ilmu dan membaca adalah sebagai kuncinya sesuai dengan perkembangan zaman. Perpustakaan terus berkembang dari masa ke masa. Sekarang ini, perkembangan teknologi semakin pesat dan mengharuskan sebuah perpustakaan untuk mengelola ilmu pengetahuan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Berkembangnya teknologi informasi yang sangat pesat telah menjadikan lembaga perpustakaan mengubah sistem lama ke sistem yang baru dalam mengelola perpustakaan. Dengan hadirnya internet dapat memudahkan pemustaka dalam mencari informasi secara cepat dan tepat, sasarannya bukan hanya pada sebuah buku teks atau buku cetak yang tersusun diruang koleksi akan tetapi bisa diakses dimana saja dan kapanpun. Pada umumnya perpustakaan perguruan tinggi saat ini secara bertahap telah menerapkan teknologi informasi didalamnya yang dikembangkan seiring dengan perkembangan teknologi informasi tersebut. Pada era globalisasi saat ini pustakawan dituntut untuk berperan aktif dalam mengikuti perkembangan teknologi informasi sehingga pustakawan bisa memenuhi kebutuhan pengguna.


Full Text:

PDF

References


Abdul kadir dan Terra Ch. Triwahyuni, Pengenalan Teknologi Informasi, (Yogyakarta: Andi, 2003)

Ade Abdul, E-Literacy dan Peran Pustakawan di Masyarakat, diakses melalui: https://haryaniku.wordpress.com/2012/05/11/peran-pustakawan-di-era-teknologi-informasi/, pada tanggal 22 februari 2018, pukul 15.17

Blasius Sudarsono, Antologi Kepustakawanan Indonesia (Jakarta: Ikatan Pustakawan Indonesia)

Mudjito, Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Umum, cet 1, (Jakarta: Perpustakaan Nasional RI: 1992)

Perpustakaan Nasional RI, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007, (Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2007)

Qalyubi, Syihabuddin. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan IPI. Fak. Adab UIN SUKA, 2003

Sulistyo Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, (Jakarta: Gramedia, 1991)

Sutarno NS, Membina Perpustakaan Desa Dilengkapi Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, (Jakarta: Sagung Seto, 2008)

Sutorno NS, Perpustakaan dan Masyarakat, (Jakarta: Sagung Seto, 2006)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/4995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.